Dikabarkan Rugi 11 Triliun, Begini Respons Pertamina

Perusahaan migas plat merah tersebut menanggapi bahwa kinerjanya tengah menunjukkan tren positif.

Ilustrasi, Pertamina, (foto: Net)

JABARNEWS | JAKARTA - Vice President Corporate Communication Pertamina mengatakan periode Februari hingga Mei 2020 merupakan masa-masa terberat Pertamina dengan volume demand yang terus mengalami penurunan tajam akibat pandemi Covid-19.

"Bahkan saat PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), penurunan demand di kota-kota besar mencapai lebih dari 50 persen. Ditambah penurunan pendapatan di sektor hulu, total pendapatan Pertamina, yang tercantum dalam Laporan Keuangan unaudited Juni 2020, turun hingga 20 persen," ujar Fajriyah Usman, dalam keterangan tertulis yang diterima, Sabtu (29/08/2020)

Baca Juga:

Anggota Fraksi Gerindra DPRD Cianjur Ini Janji Akan Bantu Keluarga Sobari

Baru Bergabung, Pemain Timnas U-19 Ini Beri Kesan Pertama di Persib



Ia mengatakan, Pertamina (Persero) mengalami kerugian sekitar Rp11 triliun pada semester I-2020, namun perusahaan migas plat merah tersebut menanggapi bahwa kinerjanya tengah menunjukkan tren positif.

"Salah satu shock yang dialami pada masa pandemi Covid-19 adalah penurunan permintaan (demand) BBM, namun seiring pemberlakuan adaptasi kebiasaan baru dan pergerakan perekonomian nasional, tren penjualan Pertamina pun mulai merangkak naik. Kinerja kumulatif Juli juga sudah mengalami kemajuan dan lebih baik dari kinerja kumulatif bulan sebelumnya,” ujar Fajriyah Usman.

Fajriyah juga menyampaikan dengan penurunan pendapatan yang signifikan, maka laba juga turut tertekan. Pada pada Januari 2020, Pertamina masih membukukan laba bersih positif 87 juta dolar AS. Namun memasuki 3 bulan selanjutnya, mulai mengalami kerugian bersih rata-rata 500 juta dolar As per bulan.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Pertamina Respon Pertamina Kerugian Pertamina Ahok Jabarnews Berita Jawa barat Berita terkini

Live Stream Bandung 132 TV

berita terkait

Abu Vulkanik Gunung Sinabung Ancam Pertanian Warga Karo

Jokowi Cabut Perpres Miras, DPRD Jabar: Sudah Cukup

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi