Waduh, Pemakaman untuk Jenazah Covid-19 di Cimahi Sudah Penuh

JABARNEWS | CIMAHI – Makam khusus untuk jenazah yang terpapar Covid-19 di Kota Cimahi saat ini sudah terisi penuh. Pemkot Cimahi kini tengah mencari tambahan lahan pemakaman.

Pemakaman untuk jenazah yang terpapar Covid-19 berada di Kampung Lebaksaat, RW 18, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara. Di situ, lubang yang tersedia sudah terisi semuanya.

“Pemakaman Covid-19 kan sudah penuh semuanya. Nah, sekarang kita sedang cari lahan lagi untuk antisipasi,” kata Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna, Senin (31/8/2020).

Baca Juga:  Tiga Orang ASN Terseret Ombak Saat Mancing, Satu Dinyatakan Meninggal

Menurut dia, Pemkot Cimahi sedang berupaya mencari lahan pemakaman baru yang berada di dekat lahan pemakaman yang saat ini sudah penuh.

Hal tersebut dimaksudkan agar lebih mudah mengklasifikasikan makam yang bukan pemakaman umum. Lokasinya pun diupayakan tak jauh dengan makam jenazah Covid-19 lainnya.

“Di sini kami lagi cari di daerah bawahnya saja, biar tidak terlalu jauh dan tidak nyebar-nyebar juga. Kalau yang warga Cimahi, kan empat jenazah, dua lagi warga Tasikmalaya yang rujukan dari Cianjur ikut dimakamkan di sini,” katanya.

Baca Juga:  Dewan Pers: Media Harus Ingatkan Masyarakat Soal Protokol Kesehatan

Ajay menyatakan, Pemkot Cimahi masih membutuhkan lahan pemakaman untuk kasus Covid-19 sebagai antisipasi apabila ada pasien positif Covid-19 lainnya yang meninggal dunia.

“Kami terus berusaha menekan angka kasus Covid-19, kalau bisa jangan tambah-tambah lagi. Namun, antisipasi saja, makanya masih cari lagi lahan baru,” ucap Ajay.

Menurut dia, tidak ada syarat khusus bagi lahan yang disiapkan untuk pemakaman kasus Covid-19, asal warga pun tak keberatan. Jenazah positif Covid-19 juga sudah ditangani sesuai prosedur pencegahan penularan.

Baca Juga:  Mantul.. Pemerintah Memulai Proyek Percontohan Tambak Udang

“(Jenazah) sudah dibungkus sedemikian rupa dengan protokol kesehatan yang baik oleh rumah sakit. Sudah aman, tapi memang harus cepat dimakamkan,” ujarnya.

Hingga hari ini, kasus Covid-19 di Kota Cimahi terus mengalami penambahan hingga mencapai 210 kasus. Sebanyak 70 orang positif aktif, 136 orang dinyatakan sembuh, dan 4 orang meninggal dunia. (Yoy)