Solusi Belajar di Masa Pandemi, Disdik Garut Gunakan Radio dan Televisi

JABARNEWS | GARUT – Dinas Pendidikan Kabupaten Garut belum memulai kembali pembelajaran tatap muka di sekolah. Namun demikian, proses pembelajaran tetap berlangsung dengan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut Totong menegaskan, dalam kondisi pandemi, kesehatan adalah segala-galanya. Maka dari itu untuk kesehatan dan keselamatan guru, murid, dan tenaga pendidikan lainnya, semua kegiatan belajar dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh.

Baca Juga:  Bank bjb & Kadin Jabar Kerjasama Permudah Pembiayaan Usaha Produktif

Totong menyebutkan, untuk pembelajaran jarak jauh ini pihaknya memanfaatkan koneksi atau jaringan internet dan juga media massa.

“Bisa melalui video pembelajaran, bisa melalui modul, bisa melalui door to door guru berkunjung,” ungkapnya saat on air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Selasa (1/9/2020).

Selain itu, guru-guru di Kabupaten Garut pun telah memanfaatkan keberadaan radio komunitas untuk penyampaian bahan ajar. Sedikitnya sembilan radio komunitas digunakan sebagai media penyampaian bahan ajar dari guru kepada siswa yang mendengarkan di rumahnya masing-masing.

Baca Juga:  Ini Kata Pangdam Siliwangi Soal Penanganan Covid-19

“Kemudian sudah ramai juga ada SMP 3 Cilawu ada media televisi mini dengan radius jangkauan 3 KM,” ungkapnya.

Tak hanya itu, rencananya Disdik Kabupaten Garut akan memanfaatkan dan memaksimalkan penggunaan sembilan televisi mini untuk pembelajaran jarak jauh ini.

Totong menjelaskan, pemanfaatan radio dan juga televisi dipilih oleh pihaknya agar para siswa tak tergantung dengan smartphone. Selain itu, hal ini pun dilakukan agar siswa yang tak memiliki smartphone pun bisa mendapatkan pembelajaran.

Baca Juga:  Pembangunan Trase Kereta Cepat Harus Perhatikan Lingkungan

‘Ini untuk meminimalisir bahaya yang nantinya akan berdampak kepada anak. Misalnya lama di depan layar, makanya dengan televisi juga permasalahan yang tidak punya HP (bisa terselesaikan),” pungkasnya. (Red)