JMN Channel


Anggaran Terkena Refocusing 60 Persen, BPBD Jabar Siapkan Strategi Bencana Musim Kemarau

Data BPBD Jabar mencatat saat ini ada 3.612 kepala keluarga di lima kecamatan di Kabupaten Bogor yang mengalami kekurangan air bersih.

Ilustrasi- Kekeringan (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat menyiapkan strategi agar penanganan bencana bisa tetap berjalan maksimal, terlebih saat ini sudah memasuki musim kemarau.

Kepala Harian BPBD Jabar Dani Ramdan mengatakan, anggaran BPBD terkena refocusing hingga 60 persen untuk penanganan Covid-19.

Baca Juga:

Main Petasan di Jalan, Aksi Pemuda di Purwakarta Ini Bahayakan Pengendara

TNI AL Gagalkan Penyelundupan 100 Kg Narkoba dari Malaysia



Anggaran murni untuk BPBD pada 2020 ini sekitar Rp 30 miliar. Jumlah itu terpangkas setelah ada kebijakan refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19.

“Sisanya 40 persen lagi, sekarang sekitar Rp 13 miliar atau Rp 14 miliar. Tapi prinsipnya, penanganan bencana tetap bisa berjalan, karena tidak harus mengandalkan anggarannya di BPBD semua," kata dia, Selasa (1/9/2020).

Sebagian penanganan bencana, terang dia, juga dianggarkan di Dinas Pekerjaan Umum maupun Dinas Sosial. "Jadi, kalau sampai kerawanan pangan ada lagi di Dinas Ketahanan Pangan stoknya jadi dua lapis,” ujarnya.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : BPBD Jawa Barat Dani Ramdan Mitigasi Bencana Kekeringan Kesulitan Air Bersih Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Tiga Keistimewaan Dari Tempat Wisata Curug Cibaliung Bogor

Bima Arya: Covid-19 Terkendali, Rs Lapangan Kota Bogor Dinonaktifkan

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi