Disporaparbud Purwakarta Bakal Bentuk Satgas Covid-19 Pemuda

JABARNEWS | PURWAKARTA – Mencegah penyebaran pandemi Covid-19 dan mendukung langkah Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta, Bidang Kepemudaan Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Pemuda.

Hal tersebut diungkapkan Kabid Kepemudaan Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, Ahmad Arif Imamulhaq melalui Kepala Seksi Kepemimpinan dan Kepeloporan, Abi Jawahir, pada Kamis (3/9/2020).

Diketahui, pada Rabu (2/9/2020) kemarin, Bidang kepemudaan menerima kunjungan pejabat Subbag Pemuda dan Olahraga Biro Pelayanan dan Pengembangan Sosial (Yansos) Setda Provinsi Jawa Barat, di kantor Disporaparbud Purwakarta.

Baca Juga:  Kembangkan UMKM, Muslimat NU Bekasi Dapat Dukungan dari Kemenaker

“Kami melihat penyebaran covid masih cukup fluktuatif di Purwakarta. Sesuai urusan yang menjadi kewenangan bidang kepemudaan, kami akan menyusun segera satuan tugas khusus pemuda yang akan diisi oleh para pelajar, mahasiswa dan pemuda untuk bersama-sama dengan Satgas Covid-19 Kabupaten Purwakarta yang sudah ada dan stakeholder terkait guna mencegah penyebaran,” ungkap Abi didampingi Kasi Bina Kewirausahaan Pemuda, Marnia, di kantor Disporaparbud Kabupaten Purwakarta.

Dijelaskannya, pembentukan satgas Covid-19 pemuda ini mengantispasi para pelajar memasuki kegiatan belajar mengajar maupun perkuliahan bagi mahasiswa secara tatap muka.

Baca Juga:  Kejari Purwakarta: Diminta atau Tidak, Penggunaan Anggaran Covid-19 Pasti Diawasi

Menurut Abi, upaya tersebut dilakukan sebagai ikhtiar bersama dalam melindungi generasi muda di tengah pandemi.

“Insyaallaah kita segera susun konsepnya dan pelatihan bagi calon-calon petugasnya. Kita akan koordinasikan juga dengan para Kepala Sekolah pada jenjang SMA/SMK atau MA dan pimpinan perguruan tinggi. Dimana mereka nanti, akan menjadi pelopor dan role model bagi generasi sebaya maupun di bawahnya serta di lingkungan sekitarnya dalam konteks adaptasi kebiasaan baru (AKB),” tegas Abi

Baca Juga:  Roy Suryo Sebut Jokowi-Prabowo Berjiwa Patriot, Layak Jadi Guru Bangsa

Terpisah, Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibisono, menanggapi rencana pembentukan Satgas Covid19 Pemuda dan memberikan apresiasi positif.

“Setiap warga wajib bersama-sama berperan aktif dalam percepatan penanggulangan Covid-19 sesuai dengan prinsip penanggulangan bencana yakni secara penta helix, yakni keterlibatan 5 (lima) unsur yang terdiri dari pemerintah, swasta, masyarakat, pendidikan dan media,” singkat Pria yang juga menjabat Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar-PB) Kabupaten Purwakarta, saat dihubungi melalui sambungan selulernya. (Gin)