Simak! Beberapa Tempat Ini Harus Diwaspadai Selama Pandemi Covid-19

JABARNEWS | JAKARTA – Masyarakat diminta perlu untuk mewaspadai saat berada dibeberapa tempat selama pandemi Covid-19. Setidaknya ada 20 tempat dimana harus menerapkan protokol kesehatan.

“Ada 20 tempat yang perlu diwaspadai masyarakat selama pandemi Covid-19,” ujar Dewi Nur Aisyah, Anggota Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Kamis (03/09/2020)

Ia mengatrakan, masyarakat wajib menggunakan masker dengan benar, menjaga jarak aman minimal satu meter dan rutin mencuci tangan di air mengalir pakai sabun selama 20 detik atau hand sanitizer.

Baca Juga:  Keterisian Tempat Tidur Pasien Covid -19 Di Kota Bandung Turun 64,13%

“20 Tempat tersebut adalah kegiatan sosial, tahlilan, pengajian, pernikahan, ibadah, asrama, pesantren, panti asuhan dan pengungsian,” ujarnya.

Selain itu, masyarakat juga perlu waspada bila berada di apartemen, kos-kosan, pemukiman padat, pasar dan perkantoran atau industri. Kemudian fasilitas kesehatan, transportasi umum, MRT, LRT dan KRL, komunitas olahraga, tempat wisata dan hiburan.

Baca Juga:  Kapan Belajar Di Sekolah Lagi? Ini Penjelasan Disdik Jabar

Ia mengingatkan, selama pademi Covid-19, masyarakat perlu sekali hati-hati akan penyebaran virus corna, yang saat ini kasus tersebut masih tergolong tinggi.

“Ini memang perlu sekali hati hati. Hati-hatinya ekstra,” ujarnya,

Sebelumnya, Dewi mengatakan penularan Covid-19 di lingkungan masyarakat semakin tinggi. Hal ini dilihat dari positivity rate Covid-19 di Indonesia dalam tiga bulan terakhir.

Baca Juga:  Diduga Terkait Lapak THR, Dua Ormas Di Depok Bentrok

Positivity rate adalah persentase orang yang memiliki hasil tes positif Covid-19 dibandingkan jumlah orang yang dites.

“Jadi kita melihat masih adanya penularan di masyarakat yang terjadi semakin banyak, semakin tinggi,” ujarnya saat mengisi Talk Show Covid-19 Dalam Angka yang disiarkan melalui YouTube BNPB Indonesia, Rabu (2/9). (Red)