Live Stream Bandung 132 TV


Menong, Kerajinan Khas Purwakarta Ini Mewarnai Dunia

Sesuai namanya, Menong Purwakarta cantik dan lucu. Apalagi, pakaiannya yang didominasi warna hitam dan merah membuat patung kecil ini nampak menggemaskan.

Inilah salah satu kerajinan khas Purwakarta, yaitu Menong. (Foto: Red)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Kabupaten Purwakarta adalah kabupaten terkecil ke dua di Provinsi Jawa Barat. Kabupaten Purwakarta juga ikut mewarnai ke indahan dunia dengan hasil olahan tanah liat, diantaranya Grabah dan cindramata Menong.

Menong memiliki arti perempuan cantik, kulitnya kuning langsat, bibirnya kecil, beralis panjang, dan di kepala terdapat mahkota menyerupai sigar atau mahkota. Sesuai namanya, Menong Purwakarta cantik dan lucu. Apalagi, pakaiannya yang didominasi warna hitam dan merah membuat patung kecil ini nampak menggemaskan.

Baca Juga:

Hari Bidan Nasional, Pelayanan KB Gratis di Kabupaten Purwakarta

Ada 45 ASN di Sembilan Dinas Terpapar Covid-19, Bupati Purwakarta Terapkan WFH



Kerajinan tangan ini tak hanya menjadi kebanggaan warga di Kecamatan Plered, namun secara umum menjadi kebanggaan warga Kabupaten Purwakarta. Biasanya cindramata ini dijual per paket. Satu paket terdiri dari tiga menong dengan berbagai ukuran.

Seperti diketahui, sudah beberapa generasi Plered menghasilkan kerajinan keramik yang luar biasa. Bahkan, produk-produknya kerap diimpor ke mancanegara. Namun, untuk Menong tidak hanya dijadikan ikon Plered, tapi juga secara resmi menjadi ikon Kabupaten Purwakarta. Bahkan, dalam perkembangannya, Menong dimodifikasi menjadi beberapa bentuk wajah. Di antaranya bisa dilihat di sepanjang jalan masuk Kota Purwakarta dari arah Gerbang Tol Jatiluhur.

Cindramata menong bisa diperoleh di beberapa tempat penjual suvenir. Misalnya, di beberapa toko di Plered atau Galeri Menong. Harganya beragam, tergantung ukuran. Untuk menong cantik dijual per paket, namun ada pula yang dijual satuan dengan harga yang terjangkau.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Menong Kerajinan Khas Purwakarta Pemkab Purwakarta Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika Ambu Anne Galeri Menong Cinderamata Purwakarta Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi