Warga Desa Masih Abai Protokol Kesehatan, Ini Sebabnya

JABARNEWS | BANDUNG – Satpol PP Jawa Barat melaksanakan Operasi Patroli Edukasi Masker di Lembur (SIPELEM) di wilayah Kabupaten Garut dan Tasikmalaya, Kamis (3/9/2020) kemarin.

Kepala Satpol PP Jawa Barat, Ade Afriandi mengatakan kegiatan SIPELEM ini bertujuan untuk meningkatkan warga di wilayah pedesaan tentang pentingnya menggunakan masker.

Baca Juga:  KPU Sebut Tiga Saksi Tim BPN yang Sudah Dimintai Keterangan Tidak Berkualitas

Pada saat pihaknya melakukan pemantauan secara langsung, ia menemukan masih banyak warga pedesaan yang belum begitu mengetahui bahaya penularan Covid-19.

“Mereka umumnya tidak tahu soal Covid-19. Mereka tidak tahu gejala Covid-19 seperti apa, kenapa harus pakai masker. Tujuan kami ini sebetulnya ingin mendorong agar warga lebih peduli dan tidak lalai,” ujarnya, Sabtu (5/9/2020).

Baca Juga:  Yuk! Berkorban Tidak Gunakan Plastik

Seusai arahan Gubernur, patroli penggunaan masker ini tidak hanya menyasar warga di perkotaan saja tapi juga pedesaan.

“Dalam pelaksanaan kemarin yang dilakukan itu warga desa termasuk lembaga pemerintah desa supaya sadar pakai masker mulai dari level keluarga,” jelasnya.

Baca Juga:  Kesal Hendak Tidur Malah Menyanyi, Suami Tega Habisi Nyawa Istri di Deli Serdang

Dengan sosialisasi yang masif, Ade berharap kedisiplinan warga perdesaan menerapkan protokol kesehatan memakai masker, menjaga jarak, dan sering mencuci tangan dengan sabun, meningkat.

“Responnya sangat antusias sekali. Harapan kami supaya mereka patuh bukan karena patroli tapi dari diri sendiri,” tuturnya. (Red)