Mantul, Kopi Tabo Tapanuli Selatan Ekspor Ke Libanon

JABARNEWS | TEBING TINGGI – Kopi Tabo asal Desa Sukuran, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara sudah di ekspor ke manca negara seperti Libanon dan Hongkong.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Kepala Dinas Kabupaten Tapanulis Selatan, Lanmora Lubis di stand MTQ Ke-37 Tingkat Provinsi Sumatera Utara di Tebing Tinggi, Sabtu (5/9/2020).

Baca Juga:  Maraknya Kicauan Politisi...

Ia menjelaskan, Kabupaten Tapanuli Selatan mempunyai produk unggulan industri kerajinan rakyat berupa kain tenun Tapsel dengan motif ornamen Tapsel dengan warga khas asli merah, merah dan putih.

“Untuk produk unggulan kerajinan masyarakat kain tenun sudah dipasarkan keluar daerah di Indonesia,” katanyapada Jabarnews.com.

Kata dia, untuk produk unggulan pertanian berupa Kopi dan salak di Kecamatan Angkola Barat. Tapi paling menjadi unggulan tanaman kopi. Untuk kopi Tabo sudah di ekspor ke Libanon dan Hongkong.

Baca Juga:  Hampir 10 Orang Positif, Bupati Purwakarta Masih Saja Belum Usulkan PSBB

“Kopi Tabo sudah kita ekspor ke Libanon dan hongkong,” terang Lanmora Lubis disela kegiatannya menghadiri pembukaan MTQ ke-37 tingkat Provinsi Sumut.

Baca Juga:  Cari Bangkai Babi, Tim Gabungan Sisiri Sungai Bedagai

Masih kata dia, Pemkab Tapanuli Selatan terus mendorong pelaku UKM terus dalam meningkatkan hasil produk dengan lebih berkualitas sehingga nantinya dapat menjadi produk unggulan dapat dipromosikan ke mancanegara.

“Pemkab Tapsel mendorong UKM dalam meningkatkan hasil produk lebih berkualitas agar dapat dipromosikan ke mancanegara seperti kopi Tabo,” pungkasnya. (Ptr)