Ridwan Kamil Siapkan 1000 Hektar Lahan Untuk Peternakan dan Pertanian

JABARNEWS | BANDUNG – Mengingat impor susu di Indonesia masih banyak terjadi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajak anak-anak muda untuk tidak malu mengembangkan peternakan dan pertanian.

Sesuai dengan ajakan tersebut, Ridwan Kamil akan memfasilitasi pemuda untuk mengembangkan peternakan dan pertanian. Dalam hal ini, pihaknya telah menyiapkan lahan seluas 1000 hektar di Kabupaten Bandung untuk dijadikan lahan peternakan sapi dan pertanian terpadu.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bandung dalam upaya meningkapkan kembali ekonomi setelah adanya penurunan yang diakibatkan pandemi Covid-19 ini.

Baca Juga:  Lepas Jabar Explore, Ridwan Kamil: Mereka Tetap Menerapkan 3M

“Saya dengan Pak Bupati (Bandung) akan mengunjungi 1000 hektare di Kabupaten Bandung yang kita jadikan peternakan susu sapi perah dan pertanian terpadu,” kata Ridwan Kamil di Arjasari, Kabupaten Bandung, Selasa (8/9/2020).

Dorongan tersebut dikatakan Ridwan Kamil bukan hanya untuk pemuda di Kabupaten Bandung saja melainkan seluruh pemuda yang ada di Jawa Barat untuk bisa menggali fotensi peternakan dan pertanian yang ada di desanya.

Baca Juga:  Ditengah Covid-19, Ridwan Kamil Wujudkan Digital West Java di Sektor Pertanian

“Kita lagi mendorong agar anak-anak muda itu mau tinggal di desa, jauh dari penyakit, jauh dari covid, tapi kalau mau rezekinya rezeki kota, maka harus kuasai digital. Kita sedang kampanyekan petani milenial atau peternak milenial,” lanjutnya.

Tak hanya pertanian dan peternakan yang biasa dilakukan saja, Ridwan Kamil juga telah menyiapkan fasilitas pertanian dan peternakan yang ditunjang dengan digitalisasi sebagai penyelarasan dengan era rovolusi industri 4.0.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Terima Alat Penanganan Covid-19 dari Kemenristekdikti dan DPR RI

“Saya meyakini setelah covid ini orientasi kami akan lebih banyak kepada pertanian yang dilengkapi dengan 4.0 tadi,” jelasnya.

Diharapkannya, dengan adanya lahan seluas 1000 hektare untuk peternakan sapi dan pertanian bisa memberikan dampak positif untuk peternak dan petani di Kabupaten Bandung. Selain itu, diharapkan juga terwujudnya swasembada pangan di Jawa Barat. (Red)