Gempa Bumi Guncang Sukabumi, Getaran Terasa Sampai Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – Gempa tektonik bermagnitudo 4,9 skala richer (SR) mengguncang Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pukul 09.06 WIB, Selasa, (8/9/2020).

“Sumber gempa berada pada koordinat 7.8 LS dan 106.5 BT atau tepatnya berlokasi di Samudera Indonesia selatan Jawa, jaraknya sekitar 90 kilometer barat daya Sukabumi,” ujar Tony Agus Wijaya, Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung

Baca Juga:  Dua Desa Di Indramayu Rawan Semburan Gas

Penyebab gempa ini berdasarkan hasil analisis BMKG adalah aktivitas sesar atau patahan dasar laut di bagian lempeng Eurasia.

Dampak gempa berupa guncangan terasa kuat di Sukabumi. Warga ada yang melaporkan hampir jatuh ketika berdiri di luar bangunan. Berdasarkan laporan warga dan peta guncangan gempa, skala intensitas gempa ini III MMI di wilayah Sukabumi. Getaran lindu terasa di dalam rumah seakan ada truk yang berlalu.

Baca Juga:  Arus Mudik dan Balik Lancar, Pemudik Ngaku Puas dengan Kinerja Polri

Guncangan gempa juga meluas hingga ke Cianjur dengan skala intensitas II-III MMI. Sementara di sebagian wilayah Bandung dan Cimahi, getaran gempa hanya dirasakan sebagian orang dan membuat benda ringan yang digantung bergoyang atau II MMI.

Baca Juga:  Proyek Stadion Mahakam Depok Tak Sesuai Jadwal

Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. Hingga pukul 09:35 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Red)