Pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama Tutup Usia

JABARNEWS | KARIKATUR – Tokoh Pers Nasional pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama. Dikabarkan meninggal dunia, di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading Jakarta, rabu (9/9/2020) di usianya yang ke 88 tahun.

Di masa usianya, Jakob mengawali karirnya sebagai seorang guru. Namun dalam beberapa waktu kemudian beralih profesi menjadi sebagai seorang wartawan, hingga kemudian sukses mendirikan jaringan media di tanah air.

Baca Juga:  Angin Kencang Terjang Puluhan Rumah di Tugubandung Sukabumi

Tidak hanya itu Jakob juga pernah aktif menjadi salah seorang anggota legislatif pada tahun 1966-1982 dari partai Golkar. Di tahun 1987-1999, Jakob menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) utusan daerah.

Baca Juga:  Puan Maharani Minta Polisi Usut Tuntas Penemuan Kerangkeng Manusia di Rumah Bupati Langkat

Pria bernama asli Jakobus Oetama itu adalah putra pertama dari 13 bersaudara. Putra dari pasangan Raymundus Josef Sandiya Brotosoesiswo dan Margaretha Kartonah.

Baca Juga:  Soal Perlindungan Jamsostek Wasit, Ternyata Ini Hitungannya Jika Terjadi Kecelakaan

Ayahnya merupakan seorang guru Sekolah Rakyat yang selalu berpindah tugas. Jakob mulai masuk ke dunia jurnalistik ketika menjadi sekretaris redaksi mingguan Penabur pada 1956. Di majalah mingguan itu dia akhirnya menjadi pemimpin redaksi. (Red)