aqua

Pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama Tutup Usia

Karikatur Dodi Budiana/Jabarnews

JABARNEWS | KARIKATUR - Tokoh Pers Nasional pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama. Dikabarkan meninggal dunia, di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading Jakarta, rabu (9/9/2020) di usianya yang ke 88 tahun.

Di masa usianya, Jakob mengawali karirnya sebagai seorang guru. Namun dalam beberapa waktu kemudian beralih profesi menjadi sebagai seorang wartawan, hingga kemudian sukses mendirikan jaringan media di tanah air.

Baca Juga:

Kisah Inspiratif Dari Sang Difabel Bertalenta

Seorang Pria Di Sumedang Di Bacok Saat Sholat Isya



Tidak hanya itu Jakob juga pernah aktif menjadi salah seorang anggota legislatif pada tahun 1966-1982 dari partai Golkar. Di tahun 1987-1999, Jakob menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) utusan daerah.

Pria bernama asli Jakobus Oetama itu adalah putra pertama dari 13 bersaudara. Putra dari pasangan Raymundus Josef Sandiya Brotosoesiswo dan Margaretha Kartonah.

Ayahnya merupakan seorang guru Sekolah Rakyat yang selalu berpindah tugas. Jakob mulai masuk ke dunia jurnalistik ketika menjadi sekretaris redaksi mingguan Penabur pada 1956. Di majalah mingguan itu dia akhirnya menjadi pemimpin redaksi. (Red)
Tags : Jakob Oetama Tokoh Pers Nasional Pendiri Kompas Gramedia Jabarnews Berita jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Sah! Jabarnews.com Diverifikasi

Emil Minta Dishub Analisis Kecelakaan di Tol Cipularang

Ansor Diminta Jadi Dinamo Gerakan Semua Pihak

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi