Banjir Lahar Dingin Terjang Karo, Material Batu Menutup Aliran Sungai

JABARNEWS | KARO – Hujan yang mengguyur di kawasan Gunung Sinabung Kabupaten Karo, Sumatera Utara, mengakibatkan terjadinya banjir lahar dingin di wilayah di Desa Perbaji dan Desa Sukatendel, Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Rabu (9/9/2020) siang.

Kepala BPBD Kabupaten Karo, Natanael Parangin Angin mengatakan banjir lahar dingin tersebut mengakibatkan arus sungai di wilayah Desa Perbaji tertutup material batu, kayu dan lumpur dibawa banjir dari kawasan Gunung Sinabung.

Baca Juga:  KSAD Beri Dukungan ke Siswa Secapa AD Bandung

“Satu alat berat dikerahkan untuk menyingkirkan material batu dan kayu terbawa arus lahar dingin,” kata Natanael, Rabu (9/9/2020).

Natanael mengatakan banjir lahar dingin tidak merusak pemukiman warga. Namun arus lalulintas sempat terganggu akibat derasnya banjir lumpur disertai batu dan kayu melintasi jalur banjir lahar.

Baca Juga:  Terapkan Protokol Kesehatan di Angkutan Umum, Dishub Tasikmalaya Lakukan Ini

“Tidak ada korban jiwa dan tidak ada kawasan pemukiman yang rusak akibat banjir lahar dingin,” ujarnya.

Ia minta masyarakat yang berdomisili di sekitar aliran sungai jalur lahar dingin agar waspada mengingat cuaca ekstrim dengan curah hujan cukup tinggi di kawasan Gunung Sinabung dapat menimbulkan banjir lahar dingin susulan.

Baca Juga:  Aktor Arya Saloka Hengkang dari Sinetron Ikatan Cinta

“Masyarakat agar waspada mengingat curah hujan masih tinggi dan dapat menyebabkan banjir lahar dingin susulan,” pungkasnya. (Ptr)