Hasil Riset Amerika: Baca Al-Quran Dapat Datangkan 97% Ketenangan

JABARNEWS | BANDUNG – Al-Qur’an adalah kalamullah yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril. Bagi orang yang membacanya, Allah memberikan pahala yang amat besar.

Beberapa waktu yang dianjurkan untuk membaca Al-Qur’an misalnya adalah waktu setelah salat Maghrib dan setelah salat Subuh. Demikian itu karena di kedua waktu tersebut terjadi pergantian waktu dari pagi ke malam hari dan dari malam ke pagi hari.

Baca Juga:  Pastikan Pelaksanaan Pilkades Serentak Aman, Plt Bupati Pantau TPS

Dr. Al Qadhi (Syakir, 2014), sebagaimana dikutip dalam artikel ilmiah Very Julyanto UIN Bandung, melalui penelitiannya yang panjang dan serius di Klinik Besar Florida Amerika Serikat, berhasil membuktikan bahwa hanya dengan mendengarkan bacaan ayat-ayat Al-Qur’an, baik mereka yang bisa berbahasa Arab maupun bukan, dapat merasakan perubahan psikologis yang sangat besar.

Beberapa hal di antaranya, penurunan depresi, penurunan kesedihan, ketenangan jiwa dan menangkal berbagai macam penyakit.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Optimis Jika Vaksinasi Selesai Tahun Ini, Pariwisata Bisa Bangkit di 2022

Penelitiannya ditunjang dengan bantuan peralatan elektronik terbaru untuk mendeteksi tekanan darah, detak jantung, ketahanan otot, dan ketahanan kulit terhadap aliran listrik. Dari hasil uji cobaannya ia berkesimpulan, bahwa bacaan Al-Qur’an berpengaruh besar hingga 97% dapat melahirkan ketenangan jiwa dan penyembuhan penyakit.

Betapa menakjubkan penelitian tersebut. Di zaman melek tekhnologi di mana banyak orang mencoba mencari ketenangan di sana sini akan tetapi Islam memberikan tawaran yang amat mudah, yaitu membaca dan mentadabburi ayat Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’an dapat mendatangkan ketenangan jiwa yang cukup besar.

Baca Juga:  Kang Emil: SMK Harus di Revitalisasi untuk Memenuhi Kebutuhan Industri

Maka sudah seyogyanya bagi orang Islam untuk selalu menyempatkan waktu membaca dan mentadaburi Al-Qur’an. Bacalah Al-Qur’an misalnya setelah salat Maghrib agar ketenangan hidup selalu menyelimuti. (Red)