Pesan Penting Mahfud Md untuk Para Calon Kepala Daerah

JABARNEWS | JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md meminta para calon kepala daerah menaati protokol kesehatan.

“Jangan main-main dengan Covid-19 ini. Patuhi protokol kesehatan terutama disiplin memakai masker agar tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain. Fokus pemerintah saat ini, Pilkada harus aman Covid-19,” ujar Mahfud seusai bertemu Komisi Pemilihan Umum atau KPU, Rabu (9/9/2020).

Baca Juga:  Dapat Wejangan dari Ridwan Kamil Soal Citayam Fashion Week, Baim Wong Cuek

Kepada Mahfud, KPU melaporkan ada 59 bakal pasangan calon kepala daerah terkonfirmasi positif Covid-19. Jumlah bapaslon terkonfirmasi positif ini terus naik dari hari ke hari.

“Kemarin siang Ketua KPU melaporkan dalam rapat dengan presiden, calon yang terinfeksi 37 orang. Jam 1 tadi, bertambah jadi sebanyak 46 orang. Update 1,5 jam kemudian, sudah 58 calon terinfeksi Covid-19 yang tersebar di 21 provinsi. Barusan ini dilaporkan bertambah satu lagi, jadi 59 orang,” ujar Mahfud.

Baca Juga:  AHY Dijadwalkan Bertemu Puan, Pencapresan Anies Terancam?

Menurut Mahfud, pertambahan kasus ini tentu harus dimaknai dengan semakin memperketat protokol kesehatan Covid-19 di Pilkada 2020.

Komisioner KPU, I Dewa Raka sebelumnya menyebut bahwa sejumlah bapaslon di Pilkada 2020 tidak akan gugur jika mereka terkonfirmasi positif Covid-19.

Baca Juga:  Prajurit TNI Bantu Rehab Gedung SDN Cisaat

“Itu bukan syarat yang menggugurkan bakal pasangan calon,” ujar Dewa, Minggu (6/9/2020). (Red)