Jusuf Kalla Pimpin Langsung Upacara Pemakaman Jakob Oetama

JABARNEWS | BANDUNG – Jenazah Pendiri Kompas Gramedia dan Pemimpin Umum Harian Kompas Jakob Oetama dimakamkan dalam tata cara kenegaraan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. pada Kamis, (10/9/2020) pukul 11.20 WIB.

Upacara militer mengiringi jenazah ke tempat peristirahatan terakhir pemakaman tokoh pers nasional itu, dengan dipimpin langsung oleh Wakil Presiden RI ke 10 dan 12 Jusuf Kalla.

Baca Juga:  Banjir di Kota Bekasi, Warga Butuh Bantuan Dapur Umum

Pada kesempatan itu, JK sapaan akrabnya juga mendoakan agar almarhum diberikan tempat terbaik di alam baka serta perbuatan baiknya selama hidup dapat menjadi suri tauladan bagi masyarakat.

“Semoga arwahnya mendapat tempat semestinya di alam baka,” ujar dia.

Jusuf Kalla juga menjadi orang pertama yang menimbunkan tanah menggunakan sekop ke liang lahat anggota MPR RI periode 1971 hingga 1977 tersebut yang disusul perwakilan keluarga Jakob Oetama.

Baca Juga:  Rudy Susmanto Nahkodai Adkasi Provinsi Jawa Barat

Prosesi pemakaman ini sendiri sangat memperhatikan protokol kesehatan terkait dengan Covid-19 atau virus corona. Hal itu terlihat dari tata letak kursi di bawah tenda yang diatur sedemikian rupa jaraknya untuk para pelayat.

Selain itu, protokoler juga selalu mengimbau kepada pihak yang menghadiri pemakaman untuk tetap menggunakan masker, menjaga jarak dan tidak berkerumunan.

Baca Juga:  Ratna Sarumpaet Diamankan Di Bandara Soekarno-Hatta

Tokoh pers nasional kelahiran 27 September 1931 di Desa Jowahan, Borobudur, Jawa Tengah tersebut diketahui meninggal dunia pada Rabu siang pukul 13.05 WIB. Sebelumnya, almarhum sudah melalui masa kritis atau koma sejak Minggu sore (6/9) akibat penyakit yang dideritanya

(Red)