Tahun 2020 Status Desa Mandiri di Jawa Barat Bertambah Jadi Sebanyak 270

Desa yang statusnya naik menjadi mandiri, akan mendapatkan penghargaan atau reward dari DPM-Desa yakni Mobil Aspirasi Kampung Juara atau MASKARA.

Mobil maskara Jawa Barat, (Foto: net)

JABARNEWS | BANDUNG - Capaian Indeks Desa Membangun (IDM) Provinsi Jawa Barat yang menjadi indikator penetapan status di Indonesia terus mengalami peningkatan. Hal itu terbukti dengan adanya peningkatan status Desa Mandiri dari 98 desa pada 2019 menjadi 270 desa pada 2020.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-Desa), Bambang Tirtoyuliono, mengatakan, perbaikan aspek ekonomi, infrastruktur, dan sosial menjadi domain yang penting untuk meningkatkan status desa di Jabar. Terlebih memiliki 5.312 desa yang tersebar di 18 Kabupaten dan Kota Banjar.

Baca Juga:

Minta Pers Bumikan Pancasila, BPIP: Bukan Berarti Kebablasan

Berikut Beberapa Manfaat Wijen Bagi Kesehatan Tubuh



"Tahun 2020, ditetapkan bahwa jumlah desa mandiri yang ada di Jawa Barat itu 270 (desa), kemudian yang sangat tertinggal sudah tidak ada. Kita melakukan Bagaimana kami memperbaiki perekonomian desa, supaya potensi desa dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," ujar Bambang di kantor DPM-Desa, Jalan Soekarno-Hatta Kota Bandung.

Berdasarkan Permendesa PDTT Nomor 2 Tahun 2016 tentang IDM, terdapat 52 indikator yang menentukan status desa. Mulai dari dimensi pelayanan, kesehatan, akses pendidikan dasar, hingga keterbukaan wilayah terhadap lingkungan ekonomi. Oleh sebab itu, menurutnya peningkatkan status desa di Jabar koherensi dengan peningkatan indikator IDM.

Bambang menuturkan, Peningkatan indikator IDM di Jabar tak lepas dari berbagai inovasi yang dicetuskan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur, Uu Ruzhanul Ulum, dengan slogan Desa Juara yang memiliki tiga pilar, yakni digitalisasi layanan desa, One Village One Company (OVOC), dan Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa).
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Desa Mandiri Status Desa Indeks Desa Membangun Dana Desa Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Jabar Terkini Jawa Barat

Live Stream Bandung 132 TV

berita terkait

Parah, Lima Pria Di Sergai Gilir Dua Siswi SMP

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi