Tekan Penyebaran Covid-19, Pemkab Cirebon Bagikan 2,5 Juta Masker

JABARNEWS | CIREBON – Tekan penyebaran virus corona atau Covid-19, Pemerintah Kabupaten Cirebon bersma jajaran Polresta Cirebon membagikan 2,5 juta masker secara serentak di taman Pataraksa Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon. Kamis (10/09/2020).

Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag, mengatakan, Pembagian masker tersebut merupakan upaya Pemerintah dalam menekan penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Cirebon.

“Masker ini didistribusikan kepada masyarakat melalui Desa, Kecamatan, Polsek dan Koramil. Pembagian ini, guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengenakan masker saat beraktivitas,” katanya.

Baca Juga:  BBPOM Temukan Takjil Mie Mengandung Boraks di Bandung Barat

Masih dikatakan Imron, menurutnya penelitian telah membuktikan bahwa penggunaan masker lebih efektif mampu menekan penyebaran Covid-19 dibandingkan dengan menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

“Maka dari itu, kami meminta masyarakat untuk selalu mengenakan masker terutama saat beraktivitas di luar rumah, “katanya.

Bahkan, penyebaran Covid-19 di Kabupaten Cirebon juga harus diwaspadai seluruh elemen masyarakat karena kasusnya terus bertambah. Sementara vaksin Covid-19 juga masih dalam tahap uji coba hingga Januari 2021.

Baca Juga:  Resmi Dibentuk, Inilah 9 Sosok Tim Pemenangan Anies – Cak Imin

“Mari sama-sama berikhtiar untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona dan berdoa semoga pandemi ini segera berakhir. Upaya pemerintah tidak akan berarti apa-apa jika tidak dibantu masyarakat,”ujarnya.

Sementara itu, Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M. Syahduddi, mengajak masyarakat untuk menerapkan 3M, agar dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Cirebon. Di antaranya, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Penerapan 3M ini, merupakan upaya paling mudah dan paling ampuh dalam mencegah penyebaran Covid-19. Karenanya, kami mengimbau agar protokol kesehatan diterapkan di manapun dan kapanpun,” katanya.

Baca Juga:  Bawaslu Karawang Periksa Seorang Kadis dan Dua Kades Soal Ini

Di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini masyarakat benar-benar harus menerapkan protokol kesehatan atau 3M, untuk membantu pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi khususnya di Kabupaten Cirebon.

“Kita semua harus bergotong royong dan membantu pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19. Jika kasusnya terus meningkat, maka Kabupaten bisa dilakukan pembatasan aktivitas seperti yang sebelumnya dilakukan, “katanya. (Arn)