Uu Ruzhanul Ulum Sebut Bodabek Akan Ikuti Jakarta Terapkan PSBB

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan wilayah Bogor, Depok, Bekasi (Bodebek) akan kembali menjalankan Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mengikuti Jakarta mulai yang kembali diberlakukan mulai14 September 2020 mendatang.

“Kalau Jawa Barat kita sudah jadi hal yang biasa, daerah yang dekat dengan Jakarta, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi (Bodebek) itu selalu mengikuti isyarah dari Jakarta,” ujar Uu dalam acara Deklarasi Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan dalam Setiap Tahapan Pilkada Serentak 2020 dan Kampanye Pemakaian Masker Secara Nasional tingkat Jawa Barat di Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis(9/9/2020).

Baca Juga:  Hari Kedua Operasi Yustisi di Cirebon, Petugas Masih Tindak Ratusan Pelanggar

Sementara untuk daerah lain di Jabar di luar Bodebek, Uu memastikan masih akan menerapkan adaptasi kebiasaan baru (AKB). Hanya saja dia meminta setiap daerah untuk meningkatkan pengetatan dan pengawasan protokol kesehatan.

Baca Juga:  Tanggul Curug Agung Jebol, Ribuan Hektare Sawah Terancam Gagal Panen

“Daerah-daerah yang lain adalah AKB tapi tetap protokol kesehatan harus dikuatkan,” tegasnya.

Saat ini di Kota Bandung sudah ada penutupan jalan di setiap malam hari hingga pagi di beberapa ruas jalan. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerumunan di jalan-jalan tersebut.

Jika daerah lain akan meniru, Uu menyampaikan itu boleh-boleh saja. Pasalnya, kebijakan penutupan jalan dan upaya pencegahan lainnya, setiap kepala daerah diberikan wewenang.

Baca Juga:  Yuk! Isi Waktu Ngabuburitmu Dengan Festival Teh Indonesia

“Misalnya ada daerah yang ditutup karena satu dan lain hal karena kebijakan wali kota, Pak Gubernur sudah menyampaikan diskresi silahkan melaksanakan semacam itu, tapi tetap saya minta pengertian masyarakat Jawa Barat karena hal ini kewajiban bersama, bukan hanya pemerintah,” tukasnya. (Red)