Kasus Covid-19 di Kota Tasikmalaya Melonjak, Ini Kata Dinkes

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Uus Supangat mengatakan sejak beberapa hari terakhir di Kota Tasikmalaya, terjadi lonjakan kasus Covid-19 yang cukup banyak.

“Hari ini ada penambahan yang cukup signifikan. Penambahannya tidak satu dua kasus. Hasilnya belum, jumlah pastinya nanti kita sampaikan karena sekarang akan diverifikasi dulu. Yang jelas hari ini penambahannya cukup banyak,” ujar Uus, dilansir dari PR, Jumat (11/09/2020).

Baca Juga:  Lagi, Kasus Positif Covid-19 Di Kabupaten Bogor Bertambah

Ia mengatakan, dengan kondinya saat ini, Kota Tasimalaya saat ini sudah bisa dibilang darurat Covid-19, bahhkan lanjut Uus, penambahan kasus sejak sehari kemarin sampai malam tadi, berimbas pada penutupan salah satu fasilitas kesehatan yang ditutup adalah Puskesmas Cihideung, Kota Tasikmalaya.

“Kita kemungkinan besar akan merekomendasikan untuk PSBB lagi, tapi sekarang masih dievaluasi secara keseluruhan terkait kondisi darurat Covid-19 di Kota Tasikmalaya. Tapi, tetap nanti yang memutuskan PSBB atau tidak adalah gugus tugas dan kewenangan kepala daerah,” tambah Uus.

Baca Juga:  Terkait Berita Perselingkuhan Anggota DPRD Purwakarta, Suami FM Membantah

Uus juga memastikan, Faskes yang disinyalir terdapat konfirmasi positif akan segera ditutup untuk meminimalisasi penyebaran covid-19.

Pihaknya pun akan segera menyiapkan salah satu rumah sakit swasta yang akan dijadikan pusat perawatan khusus covid-19.

“Kalau yang sudah pasti Puskesmas Cihideung akan ditutup. Kemungkinan lainnya dari pasien terkonfirmasi di tiap fasilitas kesehatan akan dialihkan ke rumah sakit swasta yang menjadi pusat perawatan khusus. Tapi, saya akan cek dulu,” tambahnya.

Baca Juga:  Duh! Dedi Mulyadi Dibikin Kaget Dengan Lonjakan Tagihan Listrik

Lebih lanjut kata dia, hasil koordinasi dengan gugus tugas tentang langkah apa yang akan diberlakukan nantinya, akan langsung segera diterapkan karena terdapat pergeseran pasien positif dari luar daerah yang cukup tinggi. (Red)