Bodetabek Tak Dukung PSBB Jakarta, Begini Kata Fraksi PAN DPRD DKI

JABARNEWS | JAKARTA – Sejumlah kepala daerah yang diantaranya Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi telah menyatakan sikap terkait dukungan kebijakan PSBB Jakarta yang akan diberlakukan pada tanggal 14 September mendatang.

Sikap tersebut disepakati oleh seluruh kepala daerah di Bodetabek bahwasannya mereka enggan mendukung kebijakan tarik rem darurat Pemprov DKI dengan penerapan PSBB total. Hal ini disayangkan oleh Fraksi-PAN DPRD DKI Jakarta.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Akan Beri Bintang Jasa untuk Fadli Zon dan Fahri Hamzah

Ketua Fraksi PAN DPRD DKI Bambang Kusumanto menyesalkan sikap Wali Kota Bogor, dan para kepala daerah Bodetabek, yang enggan untuk mendukung kebijakan tarik rem darurat dengan melaksanakan kembali PSBB total di DKI Jakarta pada Senin mendatang.

“Seharusnya mereka harus ingat bahwa ini merupakan masalah menyangkut jiwa manusia yang tidak bisa ditawar dengan alasan apapun,” kata Bambang di Jakarta, Sabtu (12/9/2020).

Baca Juga:  Catat! ASN Harus Siap 24 Jam Ditanya Wartawan

Bambang juga mendorong agar ke depannya bantuan sosial Pemprov DKI Jakarta tersebar secara merata untuk masyarakat Jakarta.

“Untuk urusan anggaran, jangan khawatir, karena sebenarnya masih banyak anggaran untuk pemeliharaan, pembangunan infrastruktur yang bisa ditunda dan dialihkan untuk penanggulangan Covid-19 ini,” ujar Bambang.

Jika diperlukan, PSBB Jakarta bisa diterapkan bukan hanya 14 hari saja melainkan bisa 2×14 hari supaya mata rantai penularan bisa benar-benar dikendalikan. Sebelumnya dikabarkan, empat daerah penyangga merespons keputusan Pemprov DKI Jakarta yang dianggap belum jelas dalam penerapan PSBB total.

Baca Juga:  Boleh Kapan Aja, Tiga Mobil Dinas Hengky Kurniawan Siap Antar Pengantin

Wali Kota Bogor Bima Arya menganggap PSBB total di Jakarta belum jelas. Oleh sebab itu, hasil rapat kemarin belum menghasilkan keputusan apapun, termasuk kemungkinan daerah penyangga ibu kota bakal mengikuti langkah serupa dengan menerapkan PSBB Total. (Red)