Kendarai Motor dan Bawa Sajam, Puluhan Orang Rusak Rumah Warga di Garut

JABARNEWS | GARUT – Sebuah rumah di Perumahan Batulawang, Desa Talagasari, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, Jumat (11/9/2020) malam dirusak puluhan orang. Beruntung aksi tersebut terjadi saat pemilik rumah sedang tidak ada di tempat sehingga tidak ada korban jiwa maupun luka. namun pemilik rumah mengalami kerugian puluhan juta rupiah.

Komandan Rayon Militer (Koramil) Kadungora, Kapten Infanteri Danzaini mengatakan bahwa rumah yang dirusak di wilayahnya adalah milik Tina Suhartina (27). Para pelaku yang melakukan perusakan sendiri saat ini masih dalam pencarian polisi.

Baca Juga:  Kuasa Hukum KPU Minta Majelis Hakim Tolak Seluruh Permohon Tim BPN

“Dari informasi yang kita terima dari para saksi, aksi perusakan ini berlangsung cepat begitu saja. Termasuk juga saat kita tanyai Ketua RW setempat, dia mengaku tahu ada perusakan setelah kejadian,” ujarnya, Sabtu (12/9/2020).

Danzaini mengungkapkan, dari keterangan yang dikumpulkan dari sejumlah saksi, aksi perusakan dilakukan oleh sekitar 25 orang yang datang menggunakan 10 kendaraan bermotor roda dua dan sebuah kendaraan bermotor roda empat.

Baca Juga:  Pengelola Pusat Keramaian Sambut Era New Normal, Bagaimana Kesiapannya?

Para perusak, lanjut Danzaini, oleh saksi terlihat membawa senjata tajam jenis golok, samurai, hingga linggis.

“Namun memang pada saat kejadian penghuni rumah sedang tidak ada di tempat. Jadi mereka ini melakukan aksi perusakan saja kemudian,” ungkapnya.

Baca Juga:  Esa Sutarsih, Ramaikan Bursa Pemilihan Ketua PWI Purwakarta

Akibat aksi perusakan tersebut, kondisi rumah Tina mengalami kerusakan seperti kaca, pintu rumahnya rusak. Sejumlah perabotan rumah, seperti televisi, kulkas, kursi, kompor gas, dan lainnya pun mengalami kerusakan juga.

Akibat aksi perusakan tersebut, dijelaskan Danramil, pemilik rumah diperkirakan mengalami kerugian hingga Rp50 juta.

“Kasus ini sudah ditangani oleh pihak kepolisian dan sekarang masih dalam penyelidikan,” tutupnya. (Red)