Resmi Dikukuhkan, Begini Langkah Pengurus Cabang Esport Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Usai dilantik Pengurus Cabang Esport Indonesia Kabupaten Purwakarta bakal melakukan konsolidasi organisasi baik kedalam maupun keluar organisasi.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Pegurus Cabang Esport Indonesia (ESI) Kabupaten Purwakarta, Dindin Ibrahim Mulyana, pada Sabtu (12/9/2020).

Diketahui, pengukuhan pengurus ESI Kabupaten Purwakarta dilakukan di Hotel Papandayan, Bandung, Jumat (11/9/2020) kemarin, yang bersama dikukuhkan juga Pengurus Cabang Esport Indonesia Kabupaten Bandung, Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

Dindin menambahkan, selain mendata para gamer, pihaknya juga akan mengkonsolidasi klub-klub esport yang ada di Purwakarta agar dapat bergabung dan mendaftarkan diri, untuk dipersiapkan menjadi atlet esports Purwakarta disetiap ajang nantinya.

Baca Juga:  Kemenag Minta Muslim Indonesia Lakukan Shalat Gerhana Matahari

“Selama ini bermain game itu dipandang sebelah mata dan dinilai negatif, tetapi sebenarnya, main game itu bisa menghasilkan sesuatu yang positif dan prestasi. Dengan kehadiran Esports di Kabupaten Purwakarta siap melahirkan atlet-atlet dan meraih prestasi-prestasi dalam berbagai event yang diselenggarakan nanti,” imbuhnya.

Dindin juga mengaku akan segera melakukan rapat-rapat bersama pengurus untuk menentukan arah kebijakan serta bagaimana membina para gamers yang ada di Kabupaten Purwakarta.

“Kami mohon dukungan untuk menjalankan program pembinaan esport di Kabupaten Purwakarta. Semoga nilai-nilai dapat kita positif tonjolkan dan atlet esports Purwakarta dapat membawa harum nama Purwakarta dalam berbagai event pertandingan,” ucap Dindin.

Baca Juga:  Bertemu Ridwan Kamil, Ini Keinginan Ambu Anne

Meski masih terbilang cabang olahraga baru, kata dia, namun di Purwakarta esport berkembang dengan pesat dan sangat digandrungi anak muda, jumlah atletnya terus bertambah.

“Esport merupakan permainan video game yang bersifat kompetitif. Apabila sebelumnya esport identik dengan game untuk PC dan konsol, kini telah menjamah ranah game mobile. Perkembangan industri esport di Indonesia sudah tidak bisa dielakkan, begitupun di Kabupaten Purwakarta,” kata Dindin didampingi Ketua Harian, R Ariyanto dan Sekretaris, Nana Suryana serta sejumlah pengurus lainnya.

Baca Juga:  Jawa Barat Belum Direkomendasikan Terapkan New Normal

Dengan definitifnya kepengurusan esports di Kabupaten Purwakarta Dindin berharap bisa mendorong atlet-atlet esport yang ada di wilayah tersebut untuk lebih berprestasi.

Sementara, Ketua Umum PB Esports Jawa Barat, Brigjen TNI Dedi Agus Purwanto dalam pidato pelantikannya menegaskan bahwa esport sudah masuk menjadi cabang olahraga yang ke 73 yang terdaftar di KONI.

“Kepada pengcab yang sudah dilantik agar berkoordinasi dengan pemerintah daerah masing-masing dalam hal pembinaan. Dan semua turnamen agar selalu diketahui oleh pengurus cabang agar tidak ada turnamen liar,” pungkas Brigjen Dedi.(Gin)