BLT Tahap III Cair 14 September 2020, Ini Cara Cek Subsidi Gaji Pekerja

JABARNEWS | BANDUNG – Pencairan bantuan langsung tunai (BLT) tahap III berupa subsidi gaji karyawan swasta sebesar Rp 600.000 akan dilakukan pada Senin, (14/9/2020).

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah memastikan hal tersebut, setelah pencairannya pada Jumat (11/9/2020) kemarin diundur.

Jadwal pencairan bantuan subsidi upah (BSU) itu mengalami pengunduran, karena Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) masih melakukan pemeriksaan data penerima.

Baca Juga:  Kebakaran Rumah di Karanggantung, Satu Warga Meninggal

“Kami punya waktu untuk melakukan check list terhadap data pekerja yang diserahkan oleh BPJS Ketenagakerjaan,” kata Ida, dikutip dari Antara, Sabtu (12/9/2020).

Selain persoalan teknis, penyaluran subsidi gaji Rp 600.000 itu molor lantaran data yang diterima lebih banyak dibandingkan tahap I dan II dari BPJS Ketenagakerjaan.

Subsidi gaji tahap I sudah ditransfer kepada 2,5 juta menerima, tahap II disalurkan kepada 3 juta penerima, sedangkan pada tahap II terdapat ke 3,5 juta calon penerima.

Baca Juga:  Aksi Cilamaya Herang Berhasil Raih Rekor MURI

Meski ada jutaan calon penerima bantuan subsidi upah, banyak pekerja swasta yang bertanya-tanya. Bagaimana cara mengeceknya, apakah sudah terdata atau belum di BPJS Ketenagakerjaan.

Bagi pekerja swasta yang ingin tahu, bisa cek di sso.bpjsketanagakerjaan.go.id. Setelah masuk ke laman tersebut hal pertama yang harus dilakukan adalah memasukkan alamat email dan password.

Baca Juga:  Buron 2 Tahun, Pelaku Pencabulan Anak Perempuan di Banjar Diamankan

Pastikan nama dan NIK sesuai, klik kartu digital, upah dibawah Rp 5 juta per bulan, nomor rekening aktif. Pastikan nama rekening sama dengan nama penerima bantuan subsidi upah (BSU) atau BLT pekerja. (Ara)