Ridwan Kamil Dukung Pembangunan Multidimensi Subang, Ini Alasannya

JABARNEWS | SUBANG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan dukungan dan apresiasi secara positif kepada Pemerintah Kabupaten Subang atas peningkatan kualitas perencanaan pembangunan daerah di Kabupaten Subang. Perencanaan pembangunan di Kabupaten Subang dinilai telah terkoordinasi dan terintergrasi dengan baik.

Dukungan tersebut disampaikan Ridwan Kamil saat berkunjung ke kawasan Bukit Jimat Siliwangi di desa Cinta Mekar, Kecamatan Serangpanjang, Kabupaten Subang.

Dalam kunjungan yang ke dua kalinya ini Ridwan Kamil didampingi Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Taufik Hidayat. Turut juga mendampingi Bupati Subang H.Ruhimat atau Kang Jimat dan Wakil Bupati Subang Agus Maskyur atau Kang Akur, Sekda Subang, H.Aminudin serta sejumlah pejabat Subang lainnya.

Baca Juga:  Batasi Pembagian Masker, Ridwan Kamil Prioritaskan Puskesmas

“Kami sangat mendukung multi dimensi pembangunan Subang, yang pertama adalah pembagian infrastruktur yang sudah dikembangkan, mudah mudahan cepat selesai, kedua dimensi pertanian dan ketiga dimensi periwisata,” ucap Ridwan Kamil disela sela kunjungannya.

Untuk dimensi pariwisata lanjut Ridwan Kamil, adalah wisata olahraga. Karena kawasan bukit ini selain kontur tanahnya berbukit-bukit pihaknya rekomendasikan untuk menjadi pariwisata olahraga paralayang.

“Bisa dilihat kawasan perbukitan ini bawahnya lembah, ini sangat cocok sekali untuk wisata para layang. Mudah mudahan nantinya wisata para layang ini bisa jadi level Internasional. Pemprov pastinya akan dukung semua kebaikan dan usulan usulan dari Pemkab Subang,” ungkap dia.

Baca Juga:  Karena Hal Ini, Ridwan Kamil Tetapkan Siaga I Peningkatan Covid-19

Lebih lanjut Ridwan Kamil menyampaikan, untuk ketahanan pangan kawasan perbukitan ini ada lembah-lembah yang berada di area lahan Perhutani yang pengelolaannya tidak termanfaatkan dengan baik.

“Nah, kita usulkan pertama kerjasama, diambil alih operasionalnya oleh pihak setempat.Kedua akan kita tanami sesuai arahan Pak Presiden (Joko Widodo) tentang suasembada pangan dengan Mentri Pertahana (Menhan). Nanti kita bangun kerjasama untuk jenis komoditi yang kita tanam, apakah bentuknya ubi ubian, kacang kacangan, beras berasan, yang pasti potensinya ada,” tutupnya.

Baca Juga:  Polres Serdang Bedagai Pimpin Upacara Sertijab 3 Kapolsek

Bupati Subang H.Ruhimat mengatakan, terkait rencana program ketahanan pangan pihaknya telah melakukan langkah kerjasama dengan pihak Perum Perhutani KPH Purwakarta.

“Alhamdulillah, Pak Gubernur Ridwan Kamil sangat kagum dengan rencana program ketahanan pangan ini. Dan kita telah melakukan MoU dengan Pihak Perhutani,” terng Ruhimat.

Ia juga menjelaskan, dari luas sekitar 4000 hektar tanah Perhutani di wilayah kecamatan, Serangpanjang, Sagalaherang, Dawuan, Kalijati dan Cipeundeuy, rencananya kita akan jadikan klaster pangan dalam rangka ketahanan pangan.

“Baik itu diklaster pertanian dan peternakan. Kawasan hutan Perhutani ini berada di wilayah KPH Purwakarta,” pungkasnya. (Red)