aqua

Catat, Aturan Suntik Mati Ponsel BM Berlaku 15 September

Ponsel yang nomor IMEI-nya tidak terdaftar di database Kemenperin tidak akan dapat terhubung dengan jaringan seluler sehingga tak bisa digunakan.

Ilustrasi: Ponsel. (Foto: Nicolas Thomas/Unsplash)

JABARNEWS | BANDUNG - Aturan pemblokiran International Mobile Equipment Identity (IMEI) pada ponsel Black Market (BM) akhirnya resmi ditetapkan. Bila tak ada halangan lagi aturan itu bakal dilaksanakan pada 15 September mendatang.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Ismail. Menurutnya informasi penetapan penyempurnaan sistem aturan IMEI itu berasal dari Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI).

Baca Juga:

Sistem CEIR Pengolahan IMEI Dilaporkan Penuh, Begini Kata Kominfo

Akhirnya, Aturan IMEI Blokir Ponsel BM Resmi Berlaku



"Aturan kan sudah berlaku, hanya menunggu penyempurnaan sistemnya. Saya dapat laporan dari teman-teman ATSI itu tanggal 15 September ini sistemnya sudah siap," ungkap Ismail belum lama ini dilansir dari laman voi.id.

Nantinya menurut Ismail implementasi dari aturan itu sendiri harus menunggu bagaimana kesiapan sistem berlangsung untuk menyuntik mati ponsel BM.

"Kita bukan masalah menunggu dari ATSI, tapi menunggu kesiapan sistem di lapangan. Semua (Kementerian Perindustrian, Bea Cukai, Kementerian Perdagangan dan Operator) masing-masing punya peran di sini," ujar Ismail.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Suntik Mati Ponsel BM Nomor IMEI IMEI Ponsel International Mobile Equipment Identity Black Market Dirjen SDPPI Kominfo Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia ATSI Ismail Sekjen ATSI Marwan O Baasir Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Ingin Pastikan Legalitas IMEI Ponsel? Coba Cara Ini

Beli Ponsel di Luar Negeri? Ini Cara Registrasi IMEI

Resmi Berlaku Hari Ini, Begini Cek IMEI Di Ponsel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi