aqua

Pengamat Sebut Pemprov Jabar Harus Jadi Intermediator Dalam PEN

Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) itu kan membutuhkan dukungan pihak Pemprov. Misalkan terkait dengan usaha mikro.

Pengamat Ekonomi Universitas Pasundan Bandung, Acuviarta Kartabi. (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Pengamat ekonomi menilai Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat harus mampu menjadi intermediator program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Pengamat Ekonomi Universitas Pasundan Bandung, Acuviarta Kartabi mengatakan Pemprov Jabar sangat berperan penting untuk menyukseskan target pemerintah pusat dalam PEN. Oleh karenanya, penting bagi pemerintah setempat untuk menjalankan secara maksimal fungsi intermediator tersebut.

Baca Juga:

Terima Delegasi Selangor, Emil Tawarkan One Village One Company

Sakip Award 2018, Jabar Kembali Raih Predikat



"Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) itu kan membutuhkan dukungan pihak Pemprov. Misalkan terkait dengan usaha mikro. Jadi subsidi usaha mikro itu, kalau saya lihat dari presentase jumlah masih relatif kecil dibandingkan dengan jumlah usaha mikro yang terdata di Jawa Barat," kata Acuviarta di Bandung, Selasa (15/09/2020).

"Sehingga saya melihat disitu ada upaya kurang optimal dari dukungan Pemprov, termasuk juga pemerintah kabupaten dan kota. Terhadap upaya menjaring para pelaku usaha mikro yang semestinya layak untuk mendapatkan bantuan atau stimulus, dana usaha," tambahnya.

Selain itu, Acuviarta menjelaskan dalam upaya menyukseskan PEN ini pun perlu adanya dorongan serta sosialisasi yang gencar serta masif dari pemerintah, karena sampai saat ini pun masih cukup banyak yang belum mengetahui dengan berbagai program pemerintah pusat, dan di perkuat dengan memudahkan UMKM mengurus berbagai izin dan instrumen penunjang lainnya.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Pengamat Pemprov Jabar Intermediator Dalam PEN Usaha Mikro Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Jabar Terkini Jawa Barat

berita terkait

Motor Listrik dan Sepeda Listrik Wajib Bayar Pajak!

Jabar Sabet APPSI Gubernur Awards Di Surabaya

Wagub Uu Resmikan Gedung Pusat Kemanusiaan Di Soreang

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi