Dua Vitamin Ini Sangat Dibutuhkan untuk Jaga Sistem Imun

JABARNEWS | BANDUNG – Ada dua vitamin yang penting dan sangat dibutuhkan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, yaitu vitamin C dan D.

“Jika Anda kekurangan vitamin D, maka berdampak pada kerentanan Anda terhadap infeksi. Saya tidak keberatan merekomendasikan (vitamin D),” kata direktur National Institute of Allergy and Infectious Diseases, Anthony Fauci dilansir dari laman Tempo.co.

Vitamin lainnya, vitamin C karena tergolong antioksidan yang baik.

“Jika Anda ingin mengonsumsinya satu gram atau lebih, maka itu tidak masalah,” kata dia.

Peneliti senior di Johns Hopkins Center for Health Security, Amesh A. Adalja mengatakan ada bukti Vitamin D memang membantu melawan infeksi pernapasan. Vitamin D bisa larut dalam lemak dan secara alami ada dalam beberapa makanan, seperti ikan berlemak, hati sapi, keju, dan kuning telur, menurut National Institutes of Health Office of Dietary Supplements (NIH).

Baca Juga:  Oded M Danial Kunjungi Korban Kebakaran yang Mengungsi di Balai Sawala

Vitamin ini diproduksi di dalam tubuh ketika sinar UV dari matahari mengenai kulit dan memicu apa yang dikenal sebagai sintesis vitamin D.

Dalam tubuh, vitamin D dapat melakukan banyak hal termasuk memperkuat tulang, mengurangi peradangan, dan membantu fungsi kekebalan. “Inilah alasan utama vitamin D dapat bermanfaat sebagai suplemen,” kata Adalja.

Baca Juga:  Nah Lho! Jokowi Kritik Kebijakan PPKM Yang Dinilai Tidak Efektif

Terkait fungsi kekebalan, satu tinjauan sistematis dan meta-analisis data dari 11.321 orang dalam BMJ menemukan, orang yang mengonsumsi suplemen vitamin D mingguan atau harian, lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan infeksi saluran pernapasan dibandingkan mereka yang tidak.

Selanjutnya, sebuah tinjauan sistematis dan meta-analisis lain dari 5.660 orang yang diterbitkan di PLOS One menunjukkan, suplementasi vitamin D memiliki efek perlindungan terhadap infeksi saluran pernapasan.

Vitamin C larut dalam air yang secara alami ada di beberapa makanan, seperti jeruk, stroberi, brokoli, dan tomat. Vitamin ini juga dikenal sebagai antioksidan yang memainkan peran penting dalam fungsi kekebalan.

Baca Juga:  Tak Ambil Pusing Dilaporkan ke KPK Soal Dugaan Nepotisme, Gibran: Monggo, Silakan...

Satu tinjauan dan meta-analisis yang dilakukan oleh para peneliti di Cochrane menemukan orang yang mengonsumsi suplemen vitamin C ketika mereka sedang pilek mengalami penurunan infeksi sebesar 8 persen (orang dewasa) dan 14 persen (pada anak-anak).

Selain itu, mengonsumsi 250 miligram hingga 1 gram vitamin C sehari disebut bisa mengurangi risiko terkena pilek hingga 50 persen. (Red)