aqua

Simak, Ini 4 Aturan Baru Kapolri Soal Satpam

Dari seragam hingga pangkat.

Ilustrasi- Satpam. (Foto: Net)

JABARNEWS | JAKARTA - Kapolri Jenderal Idham Azis telah meneken Peraturan Kapolri Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa atau Pam Swakarsa, pada 4 Agustus 2020. Berbeda dengan penggunaan istilah Pam Swakarsa pada era reformasi 1998, dalam Perkap ini sosok sentral Pam Swakarsa adalah satuan pengamanan alias Satpam.

Pada Perkap baru ini, Pam Swakarsa didefinisikan mengemban fungsi kepolisian yang diadakan atas kemauan, kesadaran, dan kepentingan masyarakat sendiri yang kemudian memperoleh pengukuhan dari Polri. Di lapangan, Pam Swakarsa terdiri dari Satuan Pengamanan alias Satpam dan Satuan Keamanan Lingkungan atau Satkamling.

Baca Juga:

Yuk Kenali Kriteria Rumah Bebas Pajak Berdasarkan Aturan Baru

Mulai Besok WhatsApp Hengkang dari Ponsel Ini



Penguatan fungsi satpam ini diperkuat dengan sejumlah perubahan dalam tubuh lembaga pengamanan terdekat dengan masyarakat tersebut. Berikut beberapa perubahan baru yang diatur.

1. Seragam - Yang paling mencolok dalam Perkap ini adalah perubahan seragam satpam. Jika semula warga seragam satpam adalah putih untuk dinas pagi hari dan biru tua untuk dinas malam hari, maka nantinya diubah dengan warna cokelat atau sama dengan warna seragam dinas kepolisian.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigadir Jenderal Awi Setiyono berujar akan ada lima pakaian dinas untuk satpam dan dilengkapi dengan pangkat. Polri pun memberikan waktu paling lambat sejak pengumuman pergantian ini kepada seluruh instansi agar mengganti seragam satpam yang bertugas.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Aturan Baru Seragam Satpam Pangkat Satpam Tugas Satpam Pam Swakarsa Kapolri Idham Azis Usia Pensiun Satpam Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Pengumuman! Inilah Sederet Aturan Baru Yang Berlaku Hari Ini

Simak, Ini Aturan Baru untuk ASN Calon Kepala Daerah

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi