Seluruh Kecamatan Ada Kasus Covid-19, Oded: Zona di Bandung Oranye

JABARNEWS | BANDUNG – Sebanyak 30 kecamatan di Kota Bandung terdapat kasus positif Covid-19 aktif, meski demikan wilayah tersebut saat ini masih berstatus zona oranye kasus penyebaran covid-19 atau sedang.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Bandung Oded M Danial dimana hal itu sesuai dengan apa yang diberikan penilaian oleh tingkat pemerintah provinsi dan Pemerintah Pusat.

“Ya kalau zona itu di Bandung oranye, dengan seperti ini yang menilai ini bukan kita akan tetapi yang menilai ada tim dari provinsi dan pusat,” kata Oded, Rabu (16/9/2020).

Baca Juga:  Pakar Unpad: Erupsi Gunung Semeru Diakibatkan Ada Dua Gaya Ini, Bukan Tiba-tiba

Ia mengaku sudah mengintruksikan kepada para camat dan lurah untuk melaksanakan penegakan pelaksanaan protokol kesehatan di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) yang diperketat. Selain itu, pihak kecamatan dan kelurahan harus berkolaborasi.

“Gugus tugas melakukan hal yang seperti PSBB dalam pelaksanaan bahwa lebih ketat urusan masker, sosialisasi, sekarang juga kepada sanksi. Untuk kecamatan dan kelurahan harus berkolaborasi,” kata dia.

Baca Juga:  Dandim 0608 Cianjur Tutup TMMD ke 107 Tahun 2020

Oded menambahkan, pihaknya pun akan melihat kondisi perkembangan penyebaran Covid-19 untuk memastikan apakah akan melanjutkan relaksasi atau tidak di beberapa sektor usaha.

“Bisa jadi oleh kita direlaksasi atau tidak, sesuai dengan kondisi yang ada melihat covid-19 yang ada,” ujar dia.

Menurutnya, pihaknya akan terus melakukan operasi yustisi bagi masyarakat yang kedapatan tidak memakai masker dan melanggar protokol kesehatan dua pekan ke depan. Ia mengatakan pihaknya akan terus melakukan evaluasi terhadap dinamika penyebaran Covid-19.

Baca Juga:  Gempa Bumi Magnitudo 4.0 Guncang Nias Utara, Dirasakan Masyarakat Lahewa

Sebelumnya, Koordinator Bidang Perencanaan, Data, Kajian dan Analisa Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung, Ahyani Raksanagara mengatakan seluruh 30 kecamatan di Kota Bandung terdapat kasus positif aktif Covid-19.

“Kasus tersebar di semua kecamatan,” katanya. Menurutnya, penanganan berskala mikro di kelurahan dan rukun warga penting dilakukan dengan mengaktifkan kampung tangguh yang sudah ada di 151 kelurahan. (Red)