Selain Paslon Pilkada 2020, Ketua KPU Jabar Pastikan Jajarannya Negatif Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG – Ketua KPU Jawa Barat Rifqi Ali Mubarok memastikan bahwa seluruh jajarannya panitia Pilkada 2020 sudah melaksanakan uji usap (swab test) metode Polymerase Chain Reaction (PCR).

Dia pun menyatakan bahwa hasilnya swab test semua penyelenggara Pilkada 2020 dari jajaran KPU dinyatakan negatif Covid-19.

Tak hanya penyelenggara, menurut Rifqi, seluruh pasangan calon Pilkada 2020 di delapan kabupaten/kota di Jabar yang berjumlah 50 orang pun tidak ada yang positif Covid-19.

Baca Juga:  Polsek Bungursari Kian Gencar Ingatkan Masyarakat Tentang Protokol Kesehatan 3M

“Kami bersyukur semua panitia penyelenggara sehat tidak ada yang terpapar Covid-19 lewat tes swab, termasuk juga semua paslon negatif Covid-19,” kata Rifqi di Kota Bandung, Rabu (16/9/2020).

Ia menambahkan, tahapan Pilkada Serentak 2020 di Jabar sejauh ini berjalan lancar, mulai dari tahap persiapan hingga penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Baca Juga:  Diduga Supir Ngantuk, Sebuah Mobil Box Pengangkut Makanan Masuk Jurang

Di delapan daerah yang menggelar pilkada serentak, sebanyak 11,6 juta orang sudah ditetapkan sebagai DPS. Sementara Tempat Pemungutan Suara (TPS) total berjumlah 33 ribu.

Berikutnya, KPU Jabar akan menetapkan calon peserta pilkada pada 23 September 2020. Pemilihan nomor urut digelar sehari setelahnya.

Sementara untuk deklarasi “Pilkada Jurdil, Damai, dan Menjaga Kesehatan” direncanakan akan dilakukan pada 25 September 2020 atau sehari sebelum dimulainya masa kampanye.

Baca Juga:  Bakti Untuk Negeri, Bikers Brotherhood 1% MC Bagikan APD Ke Puskesmas Wanayasa

“Kami berharap Pak Gubernur menyampaikan arahan kepada semua bakal calon dan penyelenggara untuk memastikan bahwa pilkada di Jabar harus dalam kondisi aman dan selamat,” ucap Rifqi.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil optimistis, penyelenggaraan Pilkada 2020 di delapan daerah di Jabar akan berjalan lancar. “Saya meyakini demokrasi di Jabar kulturnya bukan masyarakat yang suka keributan,” katanya. (Yoy)