Belum Bebas Corona, Purwakarta Targetkan 9000 Orang Jalani Test Swab

JABARNEWS | PURWAKARTA – Tak kurang dari 9.000 orang ditargetkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Purwakarta untuk dilakukan tes swab masal.

Perwakilan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Purwakarta, dr. Erlitasari mengatakan, target tersebut berdasarkan jumlah penduduk Purwakarta di bawah 1 juta.

“Jadi 1% dari jumlah penduduk harus kita tes swab, kalau tidak salah jumlah penduduk Purwakarta itu di bawah 1 juta, pokoknya kami menargetkan 9.000 orang,” ujar Erlitasari saat ditemui di sela-sela tes swab masal ASN di Kantor Dinas Kesehatan, Purwakarta, Kamis (17/9/2020).

Baca Juga:  KPAI: KIA Jangan Sampai Bikin Orangtua Cemas

Diakuinya, dari targetan sebanyak 9.000 orang, untuk saat ini baru sekitar 6.000 orang yang telah di tes swab.

Ia optimis sisanya atau 3.000 orang lagi akan selesai satu atau dua minggu ke depan.

Baca Juga:  Kemah Budaya Tahun Ini Berlangsung di Gunung Karang

“Kita mengejar sisanya. Sekarang diikuti oleh ASN yang masuk ke dalam program tes swab masif ini,” jelas Erlitasari.

Terkait jumlah update Covid-19 di Purwakarta, Erlitasari mengungkapkan, masih terjadi terjadi fluktuatif pada jumlah warga yang terpapar Covid-19 di wilayah tersebut, artinya jumlah terkonfirmasi positif dan yang sembuh naik turun.

“Kemarin selain terjadi penambahan pada warga yang berstatus terkonfirmasi positif sebanyak 5 orang, namun ada 2 orang terkonfirmasi positif dinyatakan sembuh oleh tim medis,” imbuhnya

Baca Juga:  Pemprov Jabar Beri Insentif Tenaga Kesehatan Rp600 Ribu Per Hari

Menurutnya, Tes swab masal dilakukan sebagai upaya pelacakan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Purwakarta.

“Masyarakat diminta untuk tetap melakukan anjuran pemerintah dan menjalankan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas. Pasalnya, diperlukan peran semua pihak untuk secara bersama-sama melakukan upaya pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19,” harapnya. (Gin)