Bantu Tingkatkan Ekonomi Warga, NU Karawang Luncurkan Koperasi

JABARNEWS | KARAWANG – Tak hanya fokus berdakwah, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Karawang juga melakukan pengembangan ekonomi warganya. Saat ini, PCNU Karawang mendirikan Koperasi NU.

Ketua PCNU Kabupaten Karawang KH Ahmad Ruhyat Hasby mengatakan, PCNU Kabupaten Karawang mendirikan Koperasi NU. Proses administrasinya sudah berjalan dan siap dijalankan.

“Alhamdulillah legitimasinya sudah selesai melalui akta notaris, tinggal menjalankan saja,” katanya.

Baca Juga:  KPK: OTT Di Bekasi Terkait Izin Pembangunan Meikarta

Pendirian koperasi tersebut, lanjutnya, sebagai salah satu solusi untuk mengatasi perekonomian masyarakat saat pandemi Covid-19. PCNU Karawang juga berencana mendirikan koperasi di setiap Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) di Kabupaten Karawang. Sedangkan kini, koperasi NU baru ada di satu kecamatan, yaitu di Kecamatan Klari.

Koperasi tersebut, kata kiai yang akrab disapa Kang Uyan ini, berawal dari solusi mengatasi ekonomi saat pandemi, namun akan menjadi program jangka panjang yang dapat membantu masyarakat meski pandemi sudah berakhir.

Baca Juga:  Gus Menteri Optimis SDGs Desa Mampu Entaskan Kemiskinan

“Selain pendirian koperasi, bantuan dari berbagai instansi, baik pemerintah maupun swasta, dapat membantu masyarakat khususnya masyarakat Nahdliyin. Bantuan tersebut berupa alat-alat kesehatan seperti masker dan lain sebagainya,” tuturnya.

Baca Juga:  Lonjakan Covid-19, 500 Gerbong Kereta Disulap Jadi Tempat Rawat

Selama pandemi ini, tambahnya, kegiatan NU tetap berjalan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan berjaga jarak.

“Selama pandemi ini kita tetap menjalankan kegiatan rutin seperti syahriahan (pengajian bulanan) dan bahtsul masail yang memang hanya diikuti oleh beberapa orang. Sedangkan kegiatan besar yang melibatkan banyak orang tidak kita laksanakan,” pungkasnya. (Red)