Kawal Ambulans Terjebak Kemacetan, Anggota Polisi di Purwakarta Tuai Banyak Pujian

JABARNEWS | PURWAKARTA – Ambulans termasuk sebagai kendaraan darurat dan merupakan salah satu kendaraan yang harus diprioritaskan di jalan raya.

Pasalnya, di dalam ambulans biasanya ada pasien yang membutuhkan pertolongan cepat dan harus segera tiba di rumah sakit. Makanya, ambulans menjadi salah satu kendaraan yang berhak memperoleh hak utama di jalan.

Namun, kesadaran pengendara di Indonesia terhadap kendaraan darurat seperti ambulans belum begitu baik. Masih banyak ambulans yang terpaksa harus mengantre lama di belakang kendaraan lainnya di tengah kemacetan.

Salah satunya yang dialami ambulans di video yang diunggah akun Facebook bernama Decky Riadi. kejadian ini disinyalir berlangsung di daerah jalan Ibrahim Singadilaga, Kelurahan Purwamekar, Kabupaten Purwakarta.

Dalam video berdurasi 30 detik yang di unggah di grup Facebook Terbesar di Purwakarta, Informasi Purwakarta Terkini (Input) pemilik akun tersebut menuliskan “Aksi Heroik Bapak Polisi dari POLRES PURWAKARTA yang tidak sempat dicatat namanya… Membawa Pasien Gawat.. Sirene mati /Rusak… Dengan Kesigapannya dr Belakang Bapak Polisi ini langsung mengambil Alih… dari Keluarga Kami menghaturkan Banyak terimakasih buat Bapak Polisi ini dr POLRES Purwakarta.. Hanya Allah yg membalasnya…”

Baca Juga:  Ngenes, Janda Anak Dua Ini Hanya Makan Singkong Untuk Sambung Hidup

Terlihat dalam video itu ambulans yang dibantu oleh pihak kepolisian, langsung mengawal ambulans untuk mendapatkan hak melintas lebih dulu menuju rumah sakit.

Video yang diunggah pada Jumat (18/9/2020) sekira pukul 10.32 WIB itu mendapatkan respon positif dari para netizen dengan 2.166 like, 117 komentar dan 57 kali dibagikan.

Berbagi pujian terhadap aksi heroik salah satu petugas kepolisian dari Satlantas Polres Purwakarta itu, seperti akun Facebook bernama Resti Yuswanti.

Baca Juga:  Perilaku Masyarakat Kunci Meningkatnya Kesembuhan Pasien Covid-19

“Keren pakpol sehat selalu buat pakpol,” tulis Resti Yuswanti sambil menyertakan dua jempol dalam komentarnya.

Komentar lain dituliskan akun Facebook milik Engkos Hamdani, yang menuliskan “Seharusnya hal seperti ini adalah hal yang wajar, karena kewajiban POLRI adalah melayani masyarakat yang membutuhkan. Tapi mengingat terlalu banyaknya Oknum Anggota POLRI yang kurang baik, maka Pak Polisi yang satu ini wajib di apresiasi. Sehat terus Pak!,”

“Nahh gitu dong, itu memang tugas polisi, jangan cma tunjukan hal negatif, tunjukin klo polisi peduli masarakat,” tulis akun Facebook Alief Rizky, seraya menyematkan dua jempol sebagai tanda apresiasi.

Komentar lain ditulis Bintang Algozali “Semoga pak Kapolri melihat dan langsng mmberikan apresiasi dengan tujuan bisa mmberikan suri tauladan kpda rekan kepolisian untuk berbuat demikian..bravo polres purwakarta..,”

Baca Juga:  Segera! Hindari Pemakaian Microwave, Ini Kata Dr. Zaidul Akbar

Ratusan komentar para netizen dalam video tersebut banyak yang mendoakan supaya pak Polisi itu tetap sehat, banyak rezeki dan sukses dalam karirnya.

Dari informasi yang berhasil dihimpun Jabarnews.com, polisi yang mengendarai motor patwal bertuliskan BM (Brigade Motor) 8 tersebut diketahui bernama Brigadir Polisi Satu (BRIPTU) Wira Kusuma Akbar.

Yang saat itu melakukan patroli diring 2 di jalan Jenderal Ahmad Yani, kelurahan Cipaisan. Pada saat di depan kantor Diskar-PB Kabupaten Purwakarta memantau ada ambulan terjebak kemacetan dan tidak menggunakan serine, sontak anggota tersebut langsung mengawali ambulans tersebut menuju rumah sakit. (Gin)