Di Plered Purwakarta Terasa Gempa, Ini Penjelasan BMKG

JABARNEWS | PURWAKARTA – Gempa bumi berkekuatan M=2,9 mengguncang wilayah Kabupaten Purwakarta dan sekitarnya, Sabtu (19/9/2020), pukul 20.25 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, berdasarkan hasil analisa, episenter gempa terletak pada koordinat 6.71 LS dan 107.35 BT.

“Atau tepatnya berlokasi di darat, pada jarak 19 kilometer Barat Daya Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, pada kedalaman 6 kilometer,” kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho melalui keterangan tertulisnya.

Baca Juga:  Adu Banteng, Remaja Purwakarta Usia 16 Tahun Tewas

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, terang dia, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cirata.

“Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Plered (Kabupaten Purwakarta) dengan Skala Intensitas II MMI,” katanya.

Baca Juga:  Pemerintah Lakukan Tes SWAB di Stasiun KA Bogor

Dengan skala intensitas tersebut, Hendro menjelaskan, getaran dirasakan oleh beberapa orang. Benda-benda ringan yang digantung pun bergoyang.

“Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut,” ujar Hendro.

Baca Juga:  Selama Covid-19, Masjidil Haram Kembali Sambut Jamaah Umrah

Dia menambahkan, hingga pukul 20:40 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tuturnya. (Yoy)