Ingin Peliharaan Ikan Koi? Begini Caranya

JABARNEWS | SUBANG – Memiliki kolam ikan koi di rumah memang tampak mengasyikkan. Tapi, yang perlu pastikan sudah tau cara memelihara ikan koi yang tepat.

Koi merupakan ikan hias dari Jepang yang sangat popular di kalangan pecinta ikan. Ikan satu ini memiliki estetika keindahan yang tiada duanya. Terlebih, ada banyak ragam motif dan corak ikan koi yang bisa dipelihari.

Menurut, salah satu penghobi Koi di Kabupaten Subang, Luthfi Fuadi, jika ingin memiliki ikan hias ini, pastikan dulu sudah memahami cara memelihara ikan koi yang benar. Jangan sampai ikan koi malah rentan terkena penyakit dan mati.

Baca Juga:  Kisah Abu Bakar Sebagai Khalifah Pertama Setelah Rasulullah SAW

“Kalau melihara koi itu sama kaya kita melihara air kolam. Air kolamnya harus pake sistem filter biar ekosistem di air sesuai sama kondisi kehidupan ikan di alamnya. Kalau kolam udah sesuai kita tinggal kasih makan aja yg rutin, kalau mau harga jual ikan koi lebih mahal pake pakan yang bagus buat ngluarin warna lebih cerah,” jelas pemilik Abqoi Farm, penyedia jenis ikan koi, saat ditemu di Purwakarta, pada Minggu (20/9/2020).

Ia menjelaskan, ada beberapa kelas di pasar, seperti kelas baik pemanis kolam, kelas potensial indukan dan yang paling bagus kelas ikan yang kualitas dilombakan (show quality).

Baca Juga:  Pengguna Jasa Ngemplang Gaji PMI Dikejar KJRI Jeddah, Ini Hasilnya

“Nah, beberapa aspek itulah yang menjadi salah satu rujukan harga ikan hias tersebut. Harga identik dengan kualitas, satu ikan bisa dihargai Rp 150 ribu hingga Rp 8 juta, yang biasa saya jual,” papar Lutfi.

Selain hobi, sambung dia, memelihara koi bisa menjadi sebuah investasi yang menggiurkan. Tidak sedikit yang awalnya memelihara, kemudian membaca peluang menjadi seorang importir dengan hasil yang menggiurkan.

Lutfi menambahkan, di masa Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, bercengkrama dengan ikan-ikan koleksinya bisa melepas penat dirumah.

“Ya koleksi saya lumayan banyak, di rumah saya ada 4 kolam, masing-masing kolam d pilah grade-gradenya, dari koi yang biasa sam koi yang harganya jutaan,” papar Lutfi.

Baca Juga:  Jumlah ODP dan PDP Terus Bertambah Di RSHS Bandung

Selain dapat menyalurkan hobi, lanjut dia, memelihara ikan koi juga akan membuat merasa tentram, nyaman, dan tenang ketika memandangi atau menikmati pesona ikan-ikan koi yang berenang di dalam kolam.

“Warna-warna yang dimiliki ikan koi sangatlah menarik sehingga dapat menyegarkan mata Anda setelah seharian lelah beraktivitas,” ucapnya.

Bagi yang ingin memulai memelihara ikan koi, bisa langsung datang ke Abqoi Farm yang berada di Desa Kaliangsana, RT 07/01, Kecamatan Kalijati, Kabupaten Subang. Atau bisa juga melalui WhatsApp messenger di nomor 0853-1896-6204. (Gin)