Live Stream Bandung 132 TV


Antisipasi Dampak Kekeringan, Program Ini Jadi Strategi Pemkab Purwakarta

Di Purwakarta sendiri ada enam titik semacam demplot gowah yang tersebar di sejumlah kecamatan.

Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta tengah lakukan program tanam padi gogo sawah (gowah). (Foto: Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Tak heran, selama ini hasil pertanian kabupaten Purwakarta menjadi salah satu daerah penyumbang bahan pokok beras bagi wilayah Jabodetabek.

Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, patut berbangga hati karena hasil produksi padi petani di wilayah ini kerap melebihi target yang ditentukan setiap tahunnya.

Baca Juga:

Ini Tiga Manfaat Lari Pagi Sebelum Sarapan

Bank Bjb, Baznas Jabar & Grab Kerjasama Kembangkan Cashless Society Berbasis QRIS



Surplusnya hasil produksi pertanian ini bukan tanpa perjuangan. Salah satu yang menjadi indikatornya, karena sejak beberapa tahun ini petani di wilayah purwakarta tak kenal lagi dengan yang namanya musim tanam. Jadi, para petani di Purwakarta terus digenjot dalam hal peningkatan indeks pertanaman (IP).

Tak hanya itu, program tanam padi gogo sawah (gowah) juga digadang-gadang menjadi salah satu andalannya guna meningkatkan hasil produksi ini. Konsep gowah, sejauh ini menjadi strategi Purwakarta guna meminimalisasi kerugian akibat kekeringan ini yang kerap melanda di musim kemarau.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, Agus Rachlan Suherlan menuturkan, berbagai upaya terus dilakukan jajarannya untuk meningkatkan produktivitas pertanian di wilayahnya. Salah satunya, melalui program gowah. Dengan cara ini, diharapkan hasil produksi petani tidak terjun bebas saat musim kemarau berlangsung.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Pemkab Purwakarta Padi Gowah Kekeringan Purwakarta Petani di Purwakarta Pertanian Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Jabar Terkini Jawa Barat

berita terkait

Tiga Cara Memilih Peralatan Dapur Untuk Rumah

Video: Biadab! Pria Beristri di Purwakarta Tega Cabuli Adik Iparnya

Wisata Kampung Naga Tasikmalaya Dikunjungi Saat Liburan Selepas PPKM

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi