JMN Channel


Antisipasi Dampak Kekeringan, Program Ini Jadi Strategi Pemkab Purwakarta

Di Purwakarta sendiri ada enam titik semacam demplot gowah yang tersebar di sejumlah kecamatan.

Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta tengah lakukan program tanam padi gogo sawah (gowah). (Foto: Gin/Jabarnews)

Agus menuturkan, untuk tahun ini program gowah tidak ada. Sebab, musim kemarau tahun ini dinilai sifatnya basah. Karena, masih ada hujan yang turun. Sehingga, saat memasuki puncak kemarau, tanaman padi cenderung aman. Tidak khawatir mengalami kekeringan, gagal tanam, gagal panen, bahkan puso.

"Jadi, gowah ini hanya digulirkan ketika kondisinya sudah benar-benar rawan. Kalau tahun ini, kami bisa bernafas lega. Sebab, saat kemarau ini belum ada laporan sawah yang kekeringan," ujarnya.

Baca Juga:

Video: Pengunjung Wisata di Purwakarta Tidak Bisa Masuk Jika Belum Ada Ini

Tiga Kebiasaan Buruk Ini Bisa Mempengaruhi Keuangan Kalian



Program gowah ini, diluar kebiasaan petani. Alasannya, sejak lama padi gogo itu, selalu ditanam di lahan darat, lahan bekas kebun atau lahan LMDH. Tetapi, kedepan bisa jadi program gowah ini diintensifkan. Misalkan, untuk tanam periode Oktober (2020) sampai Maret (2021). (Gin)
Halaman sebelumnya  1 2 3
Tags : Pemkab Purwakarta Padi Gowah Kekeringan Purwakarta Petani di Purwakarta Pertanian Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Jabar Terkini Jawa Barat

berita terkait

Manfaat Coklat Bagi Ibu Hamil Yang Jarang Orang ketahui

Tiga Obat Alami Cacar Air Yang Bisa Kalian Buat Di Rumah

Ramuan Herbal Ini Dipercaya Bisa Bikin Kalian Langsing

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi