Diterjang Puting Beliung, Puluhan Rumah di Cirebon Rusak Parah

JABARNEWS | CIREBON – Hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan puluhan rumah di lima blok Desa Karang Malang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, rusak parah. Selain itu, satu orang mengalami luka di bagian kepala, akibat tertimbun reruntuan bangunan.

Angin yang tertiup kencang dari arah timur menuju barat, dengan cepat menyapu bersih lima blok di Desa yang padat penduduk itu. Akibatnya puluhan rumah dan pepohonan tumbang menimpa bangunan rumah.

Baca Juga:  Hore! Karyawan Bakal Dapat Buah dan Vitamin saat Masa New Normal

Insiden yang menimpa puluhan rumah milik warga, akibat puting beliung itu terjadi sekitar pukul 16.30, Selasa sore. Dari puluhan rumah tersebut, empat diantaranya mengalami kerusakan cukup parah di bagian atap dan tembok ambruk.

“Kejadiannya tadi sore, saat hujan deras tiba-tiba angin kencang menerpa puluhan rumah dan pepohonan di pinggir jalan tumbang,” kata Syahroni, selaku Kepala Desa Karang Malang, Kabupaten Cirebon. Selasa (22/9/2020).

Baca Juga:  Duh! Presiden Jokowi Tidak Tahu Gaji Kepala Desa Dibayarkan 3 Bulan Sekali

Selain merusak puluhan rumah, lanjut Syahroni terdapat seorang warga mengalami luka pada bagian kepala, akibat tertimpa material bangunan rumah tersebut. Sehingga korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit terdekat.

“Ada satu warga terluka di bagian kepala, akibat tertimpa genteng dan tembok yang ambruk. Kemudian kami langsung membawa korban ke Rumah Sakit terdekat, guna mendapatkan perawatan medis,” katanya.

Baca Juga:  Sosialisasikan Protokol Kesehatan, Polisi di Cimahi Patroli Jalan Kaki

Sementara itu, jumlah rumah yang mengalami kerusakan sebanyak 60 lebih bangunan rumah milik mengalami rusak ringan, empat rumah mengalamai kerusakan cukup parah.

Setelah kondisi dirasa tenang, perangkat desa bersama unsur Kepolisan dan TNI serta BPBD langsung mendata rumah warga yang rusak.

“Kami dan petugas lainnya langsung mengevakuasi batang pohon yang tumbang dan sempat melintang di tengah jalan,” jelasnya. (Arn)