Agar Kulit Bebas Jerawat dan Kerutan, Hindari Tidur dengan Posisi Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Kesehatan kulit tidak hanya ditentukan oleh makanan dan produk perawatan sehari-hari. Banyak hal yang mempengaruhinya, termasuk posisi badan saat tidur. Tidak banyak orang yang menyadari bahwa jerawat dan kulit kusam juga bisa dipengaruhi postur tidur di malam hari.

Dilansir dari Indian Express, Selasa (22/9/2020), berikut beberapa kebiasaan tidur yang sangat berpengaruh pada kulit.

Bagi Anda yang tidur harus memakai bantal, tidur telentang dianggap sebagai posisi tidur yang lebih baik daripada tidur menyamping atau tengkurap. Sebab, ketika Anda tengkurap, wajah Anda akan terdorong lebih dalam ke bantal. Jika sarung bantal belum dicuci dalam waktu yang sudah lama, mungkin terdapat kotoran dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit. Jadi, ubahlah posisi tidur atau cucilah sarung bantal secara teratur.

Baca Juga:  Ini Khasiat Bawang Merah, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Jantung

Selain itu, tidur tengkurap juga bisa membuat pori-pori kulit wajah tersumbat. Pada malam hari, sel-sel kulit diperbaiki sehingga kulit perlu bernapas. Posisi tengkurap memaksa wajah menempel pada bantal selama tujuh atau delapan jam. Tidur tengkurap juga dapat menyebabkan kerutan dan garis.

Baca Juga:  Kemendes PDTT Pecahkan Rekor Dunia, Layang-layang Batik Terbang Serempak Di 33 Provinsi

Jadi, seperti apa posisi yang ideal? Banyak yang mengatakan tidur dalam posisi telentang. Posisi ini tidak memberikan tekanan apa pun pada wajah, kulit dapat bernapas dan memperbaiki dirinya sendiri.

Baca Juga:  Video: Kampung Naga, Kearifan Lokal Dari Tanah Pasundan

Karena tidak ada tekanan eksternal, tidak ada kemungkinan munculnya garis-garis halus atau kerutan di wajah saat tidur dengan posisi ini. Dangka panjang itu bisa membuat wajah lebih mulus.

Selain itu, tidak ada kontak wajah dengan sarung bantal, entah bersih atau tidak, mencegah munculnya jerawat. Mungkin sulit mengubah kebiasaan postur tidur malam hari. Tapi itu bukan tidak mungkin demi kesehatan kulit. (Red)