Pilkada di Tengah Pandemi, PKS Jabar Minta KPU Lebih Kreatif

JABARNEWS | BANDUNG – DPW PKS Jawa Barat menilai KPU harus menguji kreativitas dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2020, mengingat Pilkada sekarang berbeda dengan sebelum-sebelumnya karena full dilaksanakan dalam kondisi pandemi Covid-19.

Sekretaris DPW PKS Jabar, Abdul Hadi Wijaya mengatakan KPU tengah menghadapi kesulitan di semua daerah dalam menjalankan pesta demokrasi yang terkontrol dalam aspek protokol kesehatan.

Baca Juga:  Kasus Tambang Ilegal Seret Tiga Tersangka, Ini Sosok Ketiganya

Terlebih, lanjut dia, pada saat pendaftaran ditemukan banyak yang melanggar protokol kesehatan. Apalagi, kata dia, ada 24 undian penomoran calon di Pilkada Serentak Jabar.

“Maka ini harus ada inovasi dari KPU, saya dengar ada upaya misal untuk pengambilan itu cukup dengan daring saja, kalau itu dilakukan,” kata Gus Ahad sapaan akrabnya, usai rapat Parpurna DPRD Jawa Barat, Selasa (22/9/2020) malam.

Baca Juga:  Polisi Bongkar Penipuan Biro Perjalanan Haji dan Umroh di Depok

Gus Ahad mengatakan dengan kondisi daring ini punya nuansa lain, karena ini ujian Kreativitas KPU di semua daerah. Mungkin ada dorongan dari KPU pusat agar bikin kreasi yang terbaik bagaimana ini bisa dilakukan.

Baca Juga:  Bejad, Oknum ASN Jabar Lecehkan Bocah Laki-laki Di Karawang

Terlebih, jelas Gus Ahad, untuk pemilih pemula sangat kesulitan karena justru pengalaman pertama pada pilkada yang sangat antusias adalah pada kampanye, melihat debat atau mengikuti proses dan sebagainya.

“Anak-anak kita yang sekarang pemilih pemula mereka akan mengatakan ya inilah pemilihan pertama tanpa gereget,” tutupnya. (Rnu)