DPRD Jabar Minta Pemprov Pastikan Keselamatan Pengungsi Banjir Cicurug

JABARNEWS | BANDUNG – DPRD Provinsi Jawa Barat meminta Pemprov Jabar dan Gugus Tugas Covid-19 untuk memastikan keamanan dan keselamatan para pengungsi akibat banjir bandang di Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

Wakil Ketua Komisi V, Abdul Hadi Wijaya menyebut banyak ditemukan pelanggaran dari aspek protokol kesehatan yang ada di pengungsian. Menurutnya, hal tersebut terjadi karena kejadian sangat mendadak.

Baca Juga:  Anggota Polisi di Sergai Bunuh Diri Dengan Tembakkan Senjata Api

“Jadi kita memahami sebabnya tapi juga harus ada penanganan jangan kemudian mentolirnya,” kata pria yang akrab disapa Gus Ahad ini usai rapat Paripurna di DPRD Jabar, Selasa (22/9/2020) malam.

Oleh karena itu, dia mengimbau Gugus Tugas Covid-19 Jabar untuk mendefinisikan Apakah daerah ungsian masuk ke zona hijau untuk memisahkan para pengungsi dari luar.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Jum'at, 4 September 2020

“Kalau hijau, mungkin kalau ada warga luar di pisahkan dengan warga yang pengungsi lokal, kalau disitu tidak pernah ada Covid-19 berarti orang luar tidak boleh masuk wilayah tersebut,” ucapnya.

“Tapi kalau kuning harus ada penanganan sosialisasi ruang di jarakkan, tempat tidur dijauhkan dan lainnya,” tambahnya.

Terkait kebutuhan lainnya seperti air bersih dan dapur umum, Gus Ahad menyebut, itu dilakukan standar, cuman perlu ditambah jaga jarak pakai masker. Selain itu, dia meminta stakeholder terkait untuk segera menangani segala permasalahan yang ada dipengungsian.

Baca Juga:  Pemuda Ditemukan Tewas Tenggelam di Rawa Cipicung

“Ini tugas dari BPBD, Dinsos dan pihak terkait lainnya untuk melakukan proses penanganannya. Kami terus memantau dan memberikan masukan,” tutupnya. (Rnu)