Ini Syarat Untuk Warga Jabar Yang Ingin Tes Swab Gratis

JABARNEWS | BANDUNG – Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) Covid-19 Jabar menegaskan adanya fasilitas tes swab gratis untuk untuk warga Jabar yang ingin memastikan terinfeksi Covid-19 atau tidaknya.

Hal ini dikatakan Wakil Sekretaris GTPP Jabar Berli Hamdani, yang mengaku pihaknya sejak awal pandemi Covid-19 menyediakan fasilitas tes swab secara cuma-cuma.

“Sejak awal pandemi, Labkesda (Laboratorium Kesehatan Daerah) Jabar melayani swab tes gratis. Hal itu juga berlaku di laboratorium jaring,” kata Berli di Bandung, Rabu (23/9/2020).

Baca Juga:  Prabowo Subianto Jadi Keynote Speaker di ACAMM XX

Dijelaskan Berli, fasilitas tes swab ini dikhususkan bagi warga dengan kategori memiliki profesi yang berinteraksi tinggi dengan publik, rawan terinfeksi, dan memiliki gejala Covid-19. Selain itu, warga yang hendak mendaftar juga wajib mencantumkan alasan mengapa perlu melakukan tes swab. Nantinya GTPP Jabar akan melakukan verifikasi dan validasi data.

“Nanti kalau sudah sesuai filter, secara sistem akan disampaikan waktu dan tempat pelaksanaan tes swab,” tutur dia.

“Berdasarkan data Pikobar pada Senin (21/9/2020), Jabar sudah mengetes dengan metode PCR sebanyak 354.987 spesimen,” lanjut Berli.

Baca Juga:  Perdana.. Siswa Bisa Belajar di Rumah dari Siaran TVRI

Menurut Berli, saat ini, dari 27 kabupaten/kota di Jabar, baru Kota Cimahi dan Kota Bekasi yang pelaksanaan tea swab-nya sesuai rujukan WHO. Adapun tes swab di Kota Cirebon, Kota Bogor, Kota Depok, Kota Bandung, dan Kabupaten Bekasi sudah 0,5 persen dari total populasinya.

“Kami terus berupaya meningkatkan kapasitas pemeriksaan PCR di Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Jabar maupun laboratorium jejaring,” ujarnya.

Baca Juga:  Tak Kehabisan Akal, Cara Latihan Mandiri Anti Bosan Ala Dado

Saat ini, terdapat 28 laboratorium jejaring yang tersebar di sejumlah daerah di Jabar. Penguatan kesiapan laboratorium dilakukan, agar pengetesan dan pelacakan berjalan optimal.

Selain itu, pihaknya juga sudah mendistribusikan perlengkapan tes swab kepada 27 kabupaten/kota. Jumlah perlengkapan yang didistribusikan setiap daerah berbeda-beda tergantung populasi.

“Kami juga sudah mendistribusikan 27 PCR portable. Itu semua kami lakukan untuk mendorong semua daerah di Jawa Barat mengetes 1 persen dari jumlah penduduk,” tandasnya. (Red)