Kabar Gembira untuk Para Pesepeda di Kota Cirebon

JABARNEWS | CIREBON – Menindaklanjuti Rapat Paripurna DPRD Kota Cirebon yang menginginkan adanya jalur sepeda, Pemkot Cirebon melalui Dinas Perhubungan (Dishub) setempat langsung menanggapinya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Cirebon, Andi Armawan langsung turun ke jalan untuk mengecek jalur yang akan dibuat untuk dijadikan jalur sepeda. Menurutnya, dengan tingginya antusias masyarakat bersepeda, Dinas Perhubungan memberikan jaminan keselamatan agar transportasi aman, nyaman dan bersih, oleh karena itu pihaknya mendukung pembuatan jalur sepeda.

“Hari ini saya mencoba berkeliling, ternyata yang dulu pernah ada rambu-rambu jalur sepeda kini sudah tertutup dengan pembangunan jalan atau aspal yang baru,” ujarnya, Rabu (23/9/2020).

Baca Juga:  DPRD Jabar Minta Disdik Dalami Kasus Dugaan Pungutan Sekolah

Lanjut Andi, karena jalan di wilayah Kota Cirebon yang tidak terlalu besar, maka Dinas Perhubungan akan melakukan analisa terkait lebar untuk jalur sepeda tersebut.

“Kami akan menganalisa terlebih dahulu untuk jalur sepeda, karena jalan di Kota Cirebon tidak terlalu besar. Artinya, kalau dibagi untuk sepeda akan memakan tempat,” ungkapnya.

Untuk tahap selanjutnya, pihaknya akan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat pengguna sepeda, karena saat ini sudah keluar aturan tentang bagaimana keselamatan bersepeda di jalan.

Baca Juga:  Sultan Kasepuhan: Pemilukada Serentak Aman, Tertib, Dan Damai

“Sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 59 Tahun 2020 yang isinya persyaratan teknis sepeda, tata cara bersepeda, dan fasilitas pendukung sepeda yang dapat disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan medan di setiap daerah,” katanya.

Rencananya, lanjut Andi, pembuatan jalur sepeda di Kota Cirebon diprioritaskan di 6 ruas jalan kawasan tertib lalu lintas seperti Jalan Pemuda, Sudarsono, Ciptomangunkusumo, Wahidin, Kartini dan Siliwangi.

“Kami prioritaskan di 6 ruas jalan KTL, kemudian jalur itu akan kita arahkan ke tempat-tempat destinasi, baik destinasi wisata kuliner, budaya, terutama wisata yang terkait dengan cagar budaya yang ada di Kota Cirebon,” jelasnya.

Baca Juga:  Belasan Guru di Cimahi Positif Covid-19

Andi menargetkan, pembangunan jalur sepeda bisa terealisasi secepatnya, karena jalur yang akan dilalui ada jalan nasional, provinsi, dan jalan Kota. Sehingga, perlu adanya koordinasi dengan Kementerian dan juga Dishub Provinsi.

“Target tahun 2021 jalur sepeda di Kota Cirebon sudah ada. Karena anggaran di tahun 2020 ini sudah terpangkas untuk penanganan Covid-19, namun kami bersemangat untuk membangun jalur sepeda untuk masyarakat,” katanya. (Arn)