Mantul! Manfaatkan Lahan Kosong, Polresta Cirebon Hasilkan Lele dan Sayuran

JABARNEWS | CIREBON – Memanfaatkan lahan kosong, Jajaran Kepolisian Polresta Cirebon lakukan budidaya program ketahanan pangan di Mapolsek Pangenan. Yang hasilnya dibagikan kemasyarakat tidak mampu dan terdampak pandemi Covid-19. Kamis (24/09/2020)

Dalam panen raya program ketahanan pangan itu, Syahduddi bersama Kapolsek Pangenan, AKP Sumairi, Danramil Astanajapura, Kapten Arh Jumadsyah, dan Camat Pangenan, Bambang Sutiadi, terlihat memanen sayuran yang ditanam di halaman belakang Mapolsek Pangenan. Di antaranya, kangkung, singkong, kelor, brokoli, dan lainnya.

Selain itu, Syahduddi pun memanen lele dari kolam yang dibudidaya sejak dua bulan lalu. Ia terlihat mengambil lele tersebut menggunakan jaring yang sudah disiapkan. Lele itupun langsung dikemas dalam plastik untuk dibagikan kepada masyarakat di Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon.

Baca Juga:  Ular Sanca Raksasa Nangkring di Kolam Ikan Bikin Geger Warga Sukamanah

“Program ketahanan pangan di tingkat Polsek jajaran Polresta Cirebon diberinama Polsek Kuat. Melalui program tersebut, kami berusaha hadir di tengah masyarakat,” kata Kombes Pol M. Syahduddi

Ia mengatakan, dalam program tersebut 27 Polsek jajaran Polresta Cirebon diharuskan melaksanakan ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan di Mapolsek. Mereka dipersilakan mengembangkan kreativitasnya masing-masing untuk melaksanakan program Polsek Kuat.

Baca Juga:  Petrus Selestinus Harap Rezim Firli Efektif Berantas Korupsi

Dari mulai pemilihan bibit ikan dan tanaman yang dibudidayakan hingga konsep kolam serta lahan budidayanya. Pihaknya hanya meminta agar hasil panen budidaya tersebut dibagikan sepenuhnya kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Silakan semua Polsek menuangkan kreativitasnya dalam program ketahanan pangan ini. Tujuan program Polsek Kuat untuk membantu masyarakat sekitar, khususnya yang terdampak pandemi Covid-19,” ujarnya.

Kali ini, hasil panen Polsek Pangenan dibagikan kepada 50 warga di Kecamatan Pangenan. Setiap warga diberikan 5 kilogram beras, 1 kilogram telur, mi instan, jamur, sayuran, dan lele hasil panen program Polsek Kuat.

Baca Juga:  Momen Pertama Kali UAS Sembelih Hewan Kurban

“Hasil panen itu, kami bagikan secara door to door oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa menggunakan sepeda motor,” katanya.

Bahkan, Syahduddi juga berpersan kepada seluruh Polsek Jajarannya, agar terus melaksanakan program Polsek Kuat ini.

“Setelah panen, lahannya ditanami lagi, kolamnya ditebar benih ikan lagi, agar nantinya dapat dipanen lagi untuk membantu masyarakat,” katanya. (Arn)