Ini Sosok Dirut PT Pos Indonesia yang Baru Diangkat Erick Thohir

JABARNEWS | JAKARTA – Menteri BUMN Erick Thohir hari ini merombak jajaran direksi PT Pos Indonesia (Persero). Ia mengangkat Faizal Rochmad Djoemadi sebagai direktur utama, menggantikan Gilarsi Wahyu Setijono yang telah menjabat sejak 2015 lalu.

Faizal sebetulnya belum lama turun dari jabatannya sebagai Direktur Digital Business PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. alias Telkom. Nama baru lainnya di jajaran direksi adalah Nezar Patria, sebelumnya menjabat pemimpin redaksi harian The Jakarta Post yang didapuk menjadi Direktur Kelembagaan di perusahaan logistik milik negara tersebut.

Pengangkatan jajaran direksi baru ini sesuai dengan ini Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-301/MBU/09/2020 terkait dengan Pemberhentian Peralihan Tugas dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi PT Pos Indonesia (Persero) tertanggal 24 September 2020.

Baca Juga:  Target Vaksinasi di Kabupaten Bogor 4,2 Juta, Ridwan Kamil: Harus Selesai Bulan Desember

Bagaimana rekam jejak Faizal Rochmad sampai akhirnya memimpin PT Pos Indonesia?

Seperti dikutip dari laman resminya, Faizal Rochmad Djoemadi adalah Direktur Digital Business Telkom. Sebelumnya ia memimpin Direktur Utama Telekomunikasi Indonesia International atau lebih dikenal dengan nama Telin, anak perusahaan BUMN Telkom yang fokus pada pengembangan lini bisnis di luar negeri.

Faizal Rochmad adalah lulusan Institut Teknologi Surabaya Jurusan Teknik Elektro, lulusan tahun 1991. Ia kemudian melanjutkan ke jenjang S2 di jurusan Teknik Elektro, University of Saskatchewan Saskatoon, Canada, dan lulus pada tahun 1998.

Baca Juga:  Kapolri Sigit Pastikan Seluruh Pihak Siap Amankan Nataru

Di bidang telekomunikasi dan pembangunan jaringan, Faizal sebetulnya berkarier cukup panjang. Pada tahun 2015 ia menjadi EVP Wholeshale Service Division Telkom Indonesia, Komisioner di Telin Hongkong pada tahun 2015, Chairman di Telin Australia tahun 2016, Chairman di Telin Singapura pada tahun 2016.

PT Pos Indonesia mempunyai 4.800 kantor cabang dengan jumlah titik jaringan layanan (point of sales) mencapai 58.700. Jaringan tersebut berbentuk kantor pos, agen pos, mobile postal service, dan lain-lain.

Sebelumnya, Sekretaris Perusahaan PT Pos Indonesia Pupung Purnama menyebutkan pada era kekinian, perseroan akan mengembangkan bisnis dengan mengikuti tren agar dapat memaksimalkan layanan kepada pelanggan.

Baca Juga:  Polri Tahan Enam Tersangka Terkait Insiden Tragedi Kanjuruhan

“Diharapkan Pos Indonesia akan menjadi pusat jasa dengan jaringan distribusi yang unggul di Indonesia dengan berbagai inovasi baru lainnya,” tuturnya.

Dengan penunjukan direksi baru, berikut ini jajaran pimpinan PT Pos Indonesia- Direktur Utama: Faizal Rochmad Djoemadi. Direktur SDM & Umum: Tonggo Marbun. Direktur Keuangan: Endy Pattia Rahmadi Abdurrahman. Direktur Kelembagaan: Nezar Patria. Direktur Kurir & Logistik: Hariadi. Direktur Jaringan & Layanan Keuangan: Charles Sitorus. (Red)