Klaster Baru di Ponpes Kuningan, 46 Santri Husnul Khotimah Positif Covid-19

JABARNEWS | KUNINGAN – Juru Bicara Ciris Center Covid-19 Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin mengatakan Pondok Pesantren (Ponpes) Husnul Khotimah, kini sudah menjadi klaster baru penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kuningan.

Agus mengatakan saat ini sudah ada 46 santri yang terkonfirmasi positif Covid-19. Saat ini, aktivitas di ponpes tersebut untuk sementara ditutup.

Baca Juga:  Satpol PP Cirebon Gelar Razia Masker di Malam Hari

“Sekarang mereka melakukan karantina mandiri. Yang positif 46 santri Ponpes Husnul Khotimah,” kata Agus dalam keterangan Jumat (25/06/2020).

Ia memastikan akan melacak siapa saja orang-orang yang pernah kontak langsung dengan 46 santri itu, juga pihaknya akan melakukan penyemprotan disinfeksi ke seluruh lingkungan pesantren.

Baca Juga:  Tendangan Pelajar Wanita Bikin Perampok Smartphone di Deli Serdang KO

Sementara itu terpisah, Ketua Yayasan Ponpes Husnul Khotimah KH. Mu’tamad mengatakan, sebanyak 46 santri di ponpesnya dinyatakan positif Covid-19 setelah mereka mengalami gejala demam, batuk, dan flu.

Di mengaku, di Ponpes Husnul Khotimah sebelumnya sudah ada tujuh santri yang dinyatakan positif Covid-19. Mereka diketahui terpapar Covid-19 setelah pihak ponpes mengadakan tes swab masal kepada 1.350 santri pada 29-30 Agustus 2020.

Baca Juga:  Alhamdulillah, Serdang Bedagai Juara Umum FSQ ke XXV Sumatera Utara

“Mulai tanggal 12-24 September 2020, sebagian santri mengalami batuk, flu, dan panas. Penanganan dilakukan tes swab dengan hasil terkonfirmasi positif sejumlah 46 santri, saat ini dalam proses isolasi mandiri,” ucap dia. (Red)