Banyak Petahana Maju di Pilkada, Berikut Para Pejabat Sementara Pilihan Ridwan Kamil

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengukuhkan tujuh penjabat sementara (Pjs) bupati/wali kota di Youth Sport Center Arcamanik, Kota Bandung, Jumat (25/9/2020). Mereka akan memimpin daerah yang menggelar Pilkada 2020 di Jabar.

Para Pjs Kepala Daerah itu bakal bekerja sejak 26 September 2020 hingga 5 Desember 2020, sesuai arahan Kementerian Dalam Negeri. Dalam sambutannya, Ridwan Kamil memberikan sejumlah arahan.

“Diharapkan bisa menjaga kondusivitas sosial politik di wilayah pilkada, itu jadi prioritas nomor satu. Kemudian diharuskan melakukan silaturahmi dengan Forkompimda, tokoh pemuda, tokoh masyarakat di wilayahnya masing-masing,” kata Ridwan Kamil.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Minta Warga Jakarta Jangan Dulu ke Puncak, Kenapa?

Dia pun menekankan, para Pjs mesti bisa menjaga netralitas ASN, baik dalam skala kecil atau skala besar. “Memberikan like pada unggahan di media sosial juga tidak diperbolehkan,” ujar Ridwan Kamil.

Lantaran para Pjs akan menjabat hingga menjelang akhir tahun, Ridwan Kamil pun berpesan agar para Pjs dapat menjaga relasi dengan partai politik dalam rangka penyusunan APBD Tahun 2021 di masing-masing daerah.

“Itu juga harus aman dan lancar sesuai dengan peraturan dan prosedur perundang-undangan sehingga betul-betul kondusivitas dijaga,” tuturnya.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Imbau Warga Tahan Diri Berlibur Ke Puncak, Termasuk Dari Jakarta

Terakhir, pesan dia, para Pjs mesti menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan. Khususnya bagi para peserta dan simpatisan yang terlibat dalam pesta demokrasi tersebut.

“Tugas utama yang Bapak Menteri Dalam Negeri sampaikan ke saya adalah untuk mampu membuat pengendalian yang maksimal untuk COVID-19, khususnya di Depok masuk ke dalam zona Bodebek yang mengikuti Pilkada,” katanya.

Berikut daftar Pjs di 7 kabupaten/kota yang ditunjuk oleh Ridwan Kamil:

1. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Barat Yerry Yanuar ditetapkan sebagai Pjs Bupati Karawang

2. Kepala Badan Pendapatan Daerah Jawa Barat Hening Widiatmoko ditetapkan sebagai Pjs Bupati Tasikmalaya.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Fokuskan Penanganan Covid-19 di Klaster Pesantren

3. Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar Dani Ramdan ditetapkan sebagai Pjs Bupati Pangandaran.

4. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Bambang Tirtoyuliono ditetapkan sebagai Pjs Bupati Indramayu.

5. Asisten Daerah III Bidang Administrasi Setda Jabar Dudi Sudrajat ditetapkan sebagai Pjs Bupati Cianjur.

6. Kepala Dinas Pendidikan Jabar Dedi Supandi ditetapkan sebagai Pjs Wali Kota Depok.

7. Kabito Hukum Sekjen Kemendagri R Gani Muhammad ditetapkan sebagai Pjs Bupati Sukabumi. (Yoy)