JMN Channel


Soal Potensi Tsunami 20 Meter, Ini Penjelasan BMKG

Masyarakat awam pun menduga seolah dalam waktu dekat di selatan Pulau Jawa akan terjadi gempa dahsyat, padahal tidak demikian.

Ilustrasi: Gempa dan Tsunami. (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan potensi gempa kuat di zona megathrust memicu keresahan akibat salah pengertian atau misleading. Alih-alih membahas mitigasi, masyarakat justru banyak yang membahas soal kemungkinan dampak buruk dari gempa kuat yang berujung pada tsunami besar.

Pernyataan itu disampaikan BMKG menyusul riset dari Institut Teknologi Bandung (ITB) yang menyebutkan kemungkinan potensi tsunami hingga 20 meter di pantai selatan Jawa Barat dan 12 meter di selatan Jawa Timur.

Baca Juga:

Nias Selatan Diguncang Gempa Bumi Kekuatan Magnitudo 3.0

Mandailing Natal Sumatera Utara Diguncang Gempa Tektonik



"Informasi potensi gempa kuat selatan Jawa saat ini bergulir cepat menjadi berita yang sangat menarik. Masyarakat awam pun menduga seolah dalam waktu dekat di selatan Pulau Jawa akan terjadi gempa dahsyat, padahal tidak demikian," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami, Daryono dalam keterangan resmi dilansir dari laman CNNIndonesia.com, Jumat (25/9/2020).

Daryono menjelaskan hasil riset ITB seharusnya mendorong seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah untuk lebih memerhatikan upaya mitigasi gempa bumi dan tsunami.

Daryono berharap perlu ada upaya serius dari berbagai pihak untuk mendukung dan memperkuat penerapan infrastruktur bangunan anti gempa. Masyarakat juga diharapkan terus meningkatkan kemampuannya dalam memahami cara selamat saat terjadi gempa dan tsunami.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Potensi Tsunami Tsunami 20 Meter Gempa Besar BMKG Megathrust Riset ITB Daryono Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi