Peringati HUT Ke-210, UMKM Alumni Unpad Jalin Kerjasama dengan Kadin Kota Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bandung ke-210, Komunitas Alumni UMKM Universitas Padjadjaran (Unpad) melakukan kerjasama terkait pengembangan UKM dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Bandung.

Dalam kerjasama tersebut, Alumni UMKM Unpad memperkenalkan program kerja Bumi Alumni sebagai wadah bagi para pelaku usaha alumni Unpad.

Pegiat Alumni UMKM Unpad sekaligus Direktur Eksekutif Hukum Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Ary Zulfikar mengatakan saat ini alumni yang sudah tergabung komunitas alumni Ber-UMKM yang dikoordinir oleh Bumi Alumni sekitar 750 alumni yng tersebar di 17 Provinsi dengan berbagai macam produk.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Jamin Keamanan Selama Peribadatan Hari Paskah

“Organisasi ini pada dasarnya bersifat terbuka untuk mendorong alumni yang berwirausaha dengan membentuk komunitas,” kata Ary di Sekretariat Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Bandung, Sabtu (26/9/2020).

Baca Juga:  Cara Mengetahui Kapan Kampas Rem Motor Harus Diganti

Dia menjelaskan, saat ini Bumi Alumni menggunakan platform media sosial seperti Instagram, Facebook dan WhatApp. Selain itu, Ari mengungkapkan, Bumi Alumni sedang membuat marketplace yang memiliki akses pasar.

“Kami sedang membuat marketplace berbasis komunitas untuk mengembangkan akses pasar,” jelasnya.

Tak hanya itu, Ari mengungkapkan, Bumi Alumni juga memberikan edukasi pembinaan seputar UMKM meliputi pasar, permodalan dan distribusi.

“Kami memberikan pembinaan akses pasar, permodalan dan distribusi,” ungkapnya.

Baca Juga:  Kalah dari Timnas Indonesia U-17, Pelatih UAE Singgung Kualitas Rumput Stadion Pakansari

Sementara itu, Kadin Kota Bandung, Iwa Gartiwa menyambut baik gagasan kerjasama tersebut sebagai wadah untuk memfasilitasi edukasi bagi para pelaku UMKM yang tergabung dalam Bumi Alumni secara teori maupun praktis.

“Terkait SDM untuk edukasi, alumni bagus memadukan antara akademi dan praktisi. Kami siap bersinergi dan berkolaborasi dengan Alumni UMKM Unpad,” ucap Iwa. (RNU)